PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-A DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI ACTIVE DEBATE DI SDN 21 KAPUH KABUPATEN PESISIR SELATAN

Ririn Novita, . Nurhami, . Tamrin

Sari


PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-A DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI ACTIVE DEBATE DI SDN 21 KAPUH KABUPATEN PESISIR SELATAN

Ririn Novita 1, Nurharmi 2, Tamrin 1
1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
2 Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Bung Hatta
E-mail: ririnnovita@gmail.com


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas IV-A di SDN 21 Kapuh, Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV-A pada pembelajaran PKn melalui strategi active debate di SDN 21 Kapuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru, serta lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatkan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II dalam mengajukan pertanyaan dari 47,5% menjadi 70%, mengalami peningkatan 37,5%, terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan dari 55% menjadi 72,5% mengalami peningkatan 22,5%, dan terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam mengemukakan pendapat dari 55% menjadi 72,5% mengalami peningkatan 22,5%. Dan hasil belajar siswa diketahui bahwa rerata nilai tes akhir siklus dari 62 (siklus I) menjadi 70,25 (siklus II), dengan persentase ketuntasan dari 50% (siklus I) menjadi 70% (siklus II) mengalami peningkatan 20%. Dapat disimpulkan, penggunaan strategi active debate dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV-A di SDN 21 Kapuh dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, strategi active debate, Pembelajaran PKn.

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.