PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP TINGKAT KEPUASAAN DAN LOYALITAS PASIEN DI PUSKESMAS TIUMANG KECAMATAN TIUMANG KABUPATEN DHARMASRAYA

Mira Novita Irawan, Zaitul .

Sari


Pelanggan atau pasien memiliki daya posisi tawar yang tinggi dalam proses transaksi jasa salah satunya jasa kesehatan. Berdasarkan Departemen Kesehatan RI (2004) Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pengembangan kesehatan di suatu wilayah kerjanya. Jenis pelayanan yang disediakan oleh Puskesmas salah satunya adalah di bidang kesehatan gigi dan mulut. Jenis pelayanan ini dapat mencakup kualitas pelayanan yang didefinisikan sebagai perbedaan antara harapan atau persepsi pelanggan terhadap apa yang diterima dengan menggunakan lima dimensi skala penilaian terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Selanjutnya tentang kepuasan pasien yang telah dianggap sebagai kontributor penting dalam pengobatan dan hasil kesehatan yang lebih baik. Serta loyalitas pasien yang memiliki pengaruh sangat penting terhadap perkembangan suatu perusahaan ataupun bidang kesehatan dan penyedia jasa lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non-probability dimana jumlah keseluruhan populasi dijadikan sebagai jumlah sampel akhir sebanyak 40 responden yang dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2019 di Puskesmas Tiumang Kabupaten Dharmasraya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga hipotesis dapat diterima, dikarenakan hasil analisis data pada ketiga variabel tersebut menunjukkan nilai t yang lebih besar dari 1,96 dan nilai signifikansi kecil dari 0,05% dengan nilai positif serta satu arah dalam hubungan langsung maupun tidak langsung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kualitas pelayanan kesehatan yang diterima maka tingkat kepuasan dan loyalitas pasien juga akan tinggi.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasaan dan Loyalitas Pasien

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.