PROSPEK PEMASARAN IKAN TONGKOL (Euthynnus sp) DI KECAMATAN SIKAKAP KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI PROPINSI SUMATERA BARAT
Abstract
Metode yang digunakan adalah studi kasus. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah
data primer dan sekunder. Pengambilan data primer dengan wawancara lansung terhadap
produsen, pedagang pengumpul, pedagang pengecer, dan konsumen sedangkan data
sekunder diambil dari instansi terkait. Penelitian dilaksanakan dari bulan Mei – Juni 2012
Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui rantai pemasaran, analsis Average Gross Margin, dan Analisis Prospek
Pemasaran Ikan Tongkol.. Rantai pemasaran di Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulauan
Mentawai termasuk dalam kategori Level II yaitu Produsen – Pedagang Pengumpul –
Pedagang Pengecer – Konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Average Gross
Margin pada pedagang pengumpul (Rp. 15.000/Kg) serta tingkat keuntungan (Rp.
5000/Kg) dan pedagang pengecer rata-rata (Rp. 19.5000/Kg) serta tingkat keuntungan ratarata
(Rp. 5.600/Kg). Prospek pemasaran ikan tongkol (Euthynnus sp) di Kecamatan
Sikakap, cukup besar, namun belum dimanfaatkan secara optimal terutama pasar domestik
maupun manca Negara (Ekspor), karena terbatasnya sarana – prasarana, pasar masih
bersifat tradisional.
Kata kunci : Prospek, Pemasaran, Ikan Tongkol (Euthynnus sp).