KEBERADAAN BAKTERI Vibrio PADA AIR PEMBESARAN UDANG VANAMMEI (Litopenaeus vannamei) PADA LOKASI YANG BERBEDA DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN SEBAGAI DETEKSI DINI SERANGAN PENYAKIT VIBRIOSIS

Authors

  • Muhamad Tomi Gunawan
  • Lisa . Deswati
  • Nawir . Muhar

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberadaan bakteri Vibrio sp. pada tambak pembesaran udang Vanammei pada lokasi yang berbeda di Padang Pariaman sebagai deteksi dini serangan penyakit vibriosis pada udang. Penelitian ini dilaksanakan pada tambak udang yang berbeda di Padang Pariaman dan Laboratorium Universitas Bung hatta pada bulan Juni- Juli 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi, penentuan lokasi  secara “Purpossive Sampling” dan data yang didapat dianalisis secara deskriptif. Keberadaan bakteri Vibrio sp tertinggi terdapat pada pengamatan minggu ke III pada tambak III sebesar 172,3 CFU/ml. Keberadaan bakteri Vibrio sp masih dalam kisaran toleransi untuk kegiatan budidaya udang. Parameter kualitas pada semua stasiun pengamatan masih dalam keadaan layak untuk kegiatan budidaya dimana DO berkisar 5 – 8 ppm, pH 5 – 6, suhu air 26 – 29, amoniak berkisar antara 0,03 – 0,10.

Kata Kunci : Vibrio, Udang Vannamei, Tambak

Abstract

This study aims to analyze the presence of Vibrio sp bacteria. in the shrimp enlargement ponds of Vanammei at different locations in Padang Pariaman as early detection of vibriosis attacks on L.vanammei . This research was carried out on different shrimp farms in Padang Pariaman and University Bung Hatta Laboratory in June-July 2018. The method used in this study was the observation method, the determination of the location of "Purposive Sampling" and the data obtained were analyzed descriptively. The highest presence of Vibrio sp bacteria was found in the third week observation in pond III of 172.3 CFU / ml. The existence of Vibrio sp bacteria is still within the range of tolerance for shrimp farming. The quality parameters at all observation stations are still in good condition for cultivation activities where DO ranges from 5-8 ppm, pH 5-6, water temperature 26-29, ammonia ranges between 0.03 - 0.10.

Keyword : Vibrio, Litopenaeus vanammei, ponds

Published

2018-08-28