ANALISIS TINGKAT PEMANFAATAN FASILITAS FUNGSIONAL DAN FASILITAS PENUNJANG DI UPTD PELABUHAN PERIKANAN PANTAI (PPP) CAROCOK TARUSAN, KABUPATEN PESISIR SELATAN

Authors

  • Desrizal . Zesky
  • Bukhari . .
  • Yuspardianto . .

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat pemanfaatan fasilitas fungsional dan fasilitas penunjang di UPTD Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Carocok Tarusan. Penelitian dilakukan pada bulan November 2019 di UPTD Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Carocok Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif berdasarkan survey. Metode survey dilakukan dengan cara pengumpulan data-data melalui observasi secara langsung, wawancara dan dokumentasi. Objek utama yang diamati adalah pemanfaatan fasilitas fungsional dan fasilitas penunjang yang terdapat di UPTD Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Carocok Tarusan. Tingkat pemanfaatan fasilitas menggambarkan persentase nilai suatu  fasilitas di Pelabuhan Perikanan Pantai(PPP) Carocok Tarusan yang dimanfaatkan oleh masyarakat, nelayan ataupun staff karyawandalam menunjang aktifitas-aktifitas perikanan yang ada di PPP Carocok Tarusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua fasilitas fungsional dan fasilitas penunjang yang sangat dimanfaatkan (100%), namun ada fasilitas yang kurang dimanfaatkan bahkan tidak dimanfaatkan seperti tempat pelelangan ikan (2,8%) yang tidak dimanfaatkan, tempat penanganan dan pengolahan hasil perikanan (0%) yang tidak dimanfaatkan, bengkel(0%) yang tidak dimanfaatkan pada fasilitas fungsional dan parkir mobil (54,2%) yang kurang dimanfaatkan, parkir motor (26%) yang sangat kurang dimanfaatkan pada fasilitas penunjang.

 

Kata kunci: fasilitas fungsional, fasilitas penunjang, PPP Carocok Tarusan

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to analyze the level of utilization of functional and support facilities at the UPTD of the Carocok Tarusan Coastal Fisheries Port (PPP). The study was carried out in November 2019 at the UPTD of the Coastal Fisheries Port (PPP) Carocok Tarusan, Pesisir Selatan Regency. This research uses descriptive method based on survey. The survey method was carried out by collecting data through direct observation, interviews and documentation. The main object observed was the utilization of functional facilities and supporting facilities found in the UPTD of the Carocok Tarusan Coastal Fisheries Port (PPP). The level of facility utilization illustrates the percentage value of a facility at the Carocok Tarusan Coastal Fishery Port (PPP) that is utilized by the community, fishermen or staff employees in supporting fisheries activities in the PPP Carocok Tarusan. The results showed that not all functional facilities and supporting facilities were highly utilized (100%), but there were underutilized facilities that were not even utilized such as fish auction sites (2.8%) that were not utilized, fisheries processing and processing facilities (0 %) that is not utilized, workshops (0%) that are not utilized in functional facilities and car parks (54.2%) that are underutilized, motorcycle parking (26%) which is very underused in supporting facilities.

 

Keywords: functional facilities, supporting facilities, PPP Carocok Tarusan, Pesisir Selatan Regency

Published

2020-02-29