UJI EFEKTIVITAS DAUN PEPAYA, DAUN SIRIH DAN DAUN GAMBIR TERHADAP BAKTERI Aeromonas hydrophila YANG MENGINFEKSI IKAN MAS (Cyprinus carpio L.)

Authors

  • Zeni . Novaleni
  • Elfrida . .
  • Endriyeni . .

Abstract

Dalam kegiatan budidaya ikan mas masih memiliki banyak permasalahan yang dihadapi oleh para pembudidaya, salah satunya adalah penyakit yang  merupakan  faktor gangguan pada ikan budidaya. Salah satu penyakit yang dapat mematikan sampai 100%ikan adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Aeromonas hydrophila.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari daun pepaya, daun sirih dan daun gambir untuk mengobati ikan mas (Cyprinus carpio L.) yang terinfeksi bakteri Aeromonas hydrophila, serta melihat dan mengamati kelangsungan hidup ikan mas juga penyusutan luka setelah perendaman dengan menggunakan larutan daun pepaya, daun sirih dan daun gambir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 3 perlakuan dan 3 ulangan, yaitu pengobatan ikan mas yang terinfeksi bakteri Aeromonas hydrophila direndam selama 25 menit dalam beberapa larutan herbal dengan konsentrasi 1000 ppm : Perlakuan A perendaman dengan larutan daun pepaya, Perlakuan B perendaman dengan larutan daun sirih dan Perlakuan C perendaman dengan larutan daun gambir. Perlakuan yang paling efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri Aeromnas hydrophila adalah perlakuan A yaitu perendaman dengan larutan daun pepaya dengan penyusutan luka sebesar 94,56±9,43% dan tingkat kelangsungan hidup sebesar 88,89±19,24%, perlakuan C dengan perendaman larutan daun gambir dengan penyusutan luka sebesar 81,54±7,81% dan tingkat kelangsungan hidup sebesar 77,78±38,49% danselanjutnya diikuti dengan perlakuan B perendaman dengan larutan daun sirih dengan penyusutan luka sebesar 78,68±13,80% dan tingkat kelangsungan hidup sebesar 66,67±33,34%.

Kata kunci: Ikan mas, Aeromonas hydrophila, Perendaman

 

ABSTRACT

Carp farming activities have many problems commonly faced by farmers including diseases that cause disturbance in fish cultivation. One disease that can affect up to 100% of fish is a disease caused by bacterial infections such as Aeromonas hydrophila. This research aims to determine the effectiveness of papaya leaves, betel leaves, and gambier leaves to treat carp (Cyprinus Carpio L.) infected with Aeromonas hydrophila bacteria as well as seeing the effect on wounds after soaking using a solution from these leaves. The method used in this research is the method of experimental with complete random draft (RAL) consisting of 3 treatments and 3 replicates. Carp infected with bacteria Aeromonas hydrophila were soaked for 25 minutes in leaf solutions with a concentration of 1000 ppm.  Treatment A was with papaya leaf solution, Treatment B with betel leaf solution, and Treatment C with a solution of the gambir leaves. The most effective treatment in inhibiting the growth of bacteria Aeromnas hydrophila was with papaya leaves (Treatment A) with a wound closing of 94,56±9,43% and survival rate of 88,89±19,24%. With gambier leaves (Treatment C) there was wound closing of 81,54±7,81% and a survival rate of 77,78±38,49%. Least effective was the solution of betel leaves (Treatment B) with wound closing of 78,68±13,80% and a survival rate of 66,67±33,34%.

 

Keywords: Cyprinus carpio, Aeromonas hydrophila, Soaking

Published

2020-02-29