IDENTIFIKASI BAKTERI PATOGEN PADA USUS IKAN GURAME (Osphronemus gouramy,Lac) PADA KOLAM YANG BERBEDA DI NAGARI SUNGAI KASIKAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Authors

  • Rahmi . Fitri
  • Nawir . Muhar
  • Usman . Bulanin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis bakteri patogen yang menyerang usus ikan gurame (Osphronemus gouramy, Lac) pada kolam yang berbeda di Nagari Sungai Kasikan, Kecamatan Patamuan Kabun Duo, Kabupaten Padang Pariaman. Pelaksanaan penelitian berlangsung 1 bulan yaitu pada bulan Maret 2019, mulai dari pengambilan sampel ikan gurame yang berlokasi di Nagari Sungai Kasikan, Kecamatan Patamuan Kabun Pondok Duo Kabupaten Padang Pariaman dan pengujian bakteri di Laboratorium Penguji Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Padang yang berlokasi di Jalan Raya Bandara Internasional Minangkabau , Padang – Pariaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi untuk memperoleh data primer dengan pengamatan secara langsung pada sampel ikan yang kemudian di analisis di laboratorium dengan pengujian secara konvensional (uji biokimia) dan untuk memperoleh data sekunder dengan cara menyesuaikan hasil pengujian dengan buku Biochemichal Tests for Identification of Medical Bacteria (Mac Faddin, 1980), buku Manual for the Identification of Medical Bacteria (Cowan and Steel’s, 1993), Bergey’s Manual of Determinative Bacteriology, dan Instruksi Kerja Metode Stasiun KIPM Padang. Berdasarkan hasil penelitian dari 3 (tiga)  kolam yang berbeda di Nagari Sungai Kasikan Kabupaten Padang Pariaman diperoleh kesimpulan yakni bakteri yang didapatkan pada ikan Junior Gurame yakni Pseudomonas maltophilia, Bacillus mycoides dan  Bacillus cereus. Bakteri yang didapatkan pada ikan kolam Wanita Usaha Maju yakni Bacillus mycoides, Lactobacillus jensenii dan Lactobacillus brevis. Bakteri yang didapatkan pada ikan kolam Rawa Bening yakni Salmonella sp., Escherichia coli dan Bacillus cereus.

Kata Kunci : Bakteri, Gurame, Usus Ikan, Osphronemus gouramy, Lac

 

ABSTRACT

 

This study aims to to determine the types of pathogenic bacteria that attack the intestines of gourami (Osphronemus gouramy, Lac) in various ponds in Sungai Kasikan Nagari, Patamuan District, Kabun Duo District, Padang Pariaman Regency. The research lasted for one month, in March 2019, starting from sampling gourami located in Sungai Kasikan Village followed by bacterial testing at the Fish Quarantine Station Testing Laboratory, located on Jalan Raya Minangkabau International Airport, Padang - Pariaman. The method used in this research is the observation method to obtain primary data by directly observing fish samples which are then analyzed in a laboratory by conventional testing (biochemical testing). Secondary data was obtained by comparing the test results with Biochemichal Tests for Identification of Medical Bacteria (Mac Faddin, 1980), the Manual for the Identification of Medical Bacteria (Cowan and Steel's, 1993), Bergey's Manual of Determinative Bacteriology, and Work Instructions for the Padang KIPM Station Method. Based on research results from three ponds in Sungai Kasikan Village, it was concluded that the bacteria in the intestines of juvenile gourami are Pseudomonas maltophilia, Bacillus mycoides, and Bacillus cereus. Bacteria that were found in pond fish from Wanita Usaha Maju were Bacillus mycoides, Lactobacillus jensenii, and Lactobacillus brevis. Bacteria found in Rawa Bening pond fish are Salmonella sp., Escherichia coli and Bacillus cereus.

 

Key words : Bacteria, Gourami, Fish Intestine, Osphronemus gouramy, Lac

Published

2020-02-29