PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN ASANG (Osteochilus vittatus C.V)

Authors

  • Sri Puja Lestari Universitas Bung Hatta
  • Yunaidi Basri Universitas Bung Hatta
  • Usman Bulanin Universitas Bung Hatta

Keywords:

Probiotik, efisiensi pakan, ikan asang (Osteochilus vittatus C.V), pertumbuhan

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik pada pakan terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan benih ikan asang (Osteochilus vittatus C.V). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap yaitu 4 perlakuan dan 3 ulangan. Ikan uji yang digunakan benih ikan asang ukuran 5-8 cm sebanyak 120 ekor, wadah yang digunakan keramba waring yang terbuat dari jenis kerangka paralon sebanyak 12 unit dengan ukuran 40 x 40 x 45 cm di isi air setinggi 25 cm dengan volume air 40 liter. Perlakuan A (0 ml/kg pakan), perlakuan B (10 ml/kg pakan), perlakuan C (20 ml/kg pakan) dan perlakuan D (30 ml/kg pakan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kelangsungan hidup adalah 100% yang artinya ikan hidup seluruhnya, pertumbuhan bobot mutlak yang tertinggi terdapat pada perlakuan D (30 ml/kg pakan) yaitu 4,00 gr, pertumbuhan panjang mutlak yang tertinggi terdapat pada perlakuan C (20 ml/kg pakan) yaitu 9,43 cm, laju pertumbuhan spesifik tertinggi terdapat pada perlakuan D (6,66±1,15g), FCR benih ikan asang yang tertinggi terdapat pada perlakuan A (0 ml/kg) yaitu 1,43, dan efisiensi pakan yang tertinggi terdapat pada perlakuan D (30 ml/kg pakan) yaitu 91,40%.

References

Ulfira, Z.., L, Deswati dan D. Aswad. 2018. Pengaruh Pemberian Probiotik Dengan Dosis Yang Berbeda Pada Pakan Komersial Terhadap Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Skripsi. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Bung Hatta: Padang.

Saskia, D.., M, Amri dan N. Muhar. 2014. Pemberian Probiotik pada Pakan yang Dicampur Daun Kalindra (Calliandra callothyrus) Terhadap Pertumbuhan Benih Ikan Gurami (Osphronemus gouramy Lac). Skripsi. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Bung Hatta: Padang.

Fratiwi, G.., I, Dewiyanti dan I. Hasri. 2018. Aplikasi Probiotik dari Bahan Baku Lokal pada Pakan Komersial Terhadap Pertumbuhan dan Tingkat Kelangsungan Hidup Benih Ikan Depik(Rasbora tawarensis). Jurnal. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Syiah Kuala, Darussalam: Banda Aceh. 3(1), 2018 : 46-55.

Azrita, H, Syandri dan Junaidi. 2014. Genetic Variation Among Asang Fish (Osteochilus vittatus) Populations Using Random Amplified Polymorphic DNA (RAPD) Markers. International Journal of Fisheries and Aquatic Studies, 1(6) : 213-217.

Downloads

Published

2020-11-03