ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI IKAN DI KECAMATAN PADANG UTARA KOTA PADANG

Authors

  • Jefri Ramandho Universitas Bung Hatta
  • Junaidi Universitas Bung Hatta
  • Ermi Husni Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kecamatan Padang Utara, Konsumsi, Jenis Ikan

Abstract

Perairan Kota Padang memiliki kekayaan laut yang potensial seperti keanekaragaman jenis-jenis ikan laut,tumbuhan laut. Mengingat pentingnya mengkonsumsi ikan karena protein dan gizi nya yang tinggi dan Kecamatan Padang Utara yang letaknya dekat dengan laut mengingatkan apakah tingkat konsumsi ikannya juga tinggi karena berada dekat dengan laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi ikan di Kecamatan Padang Utara serta jenis ikan apa saja yang dominan dikonsumsi oleh masyarakat di Kecamatan Padang Utara. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah survei kelapangan dengan 140 responden diambil secara accidental sampling. Data yang diperoleh di analisis dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel yang mempengaruhi responden mengonsumsi ikan adalah pendapatan (X1), pendidikan (X2), dan harga (X3). Serta jenis ikan yang dominan dikonsumsi oleh masyarakat di Kecamatan Padang Utara adalah Ikan air laut memperoleh presentase 94%, Ikan air tawar 86% dan yang mengkonsumsi produk olahan ikan memperoleh presentase 88 %

References

Ni’matul U. Ratna P dan Artanti. S 2015.Jurnal litbang. Vol 8 Akademi Kebidanan Harapan Ibu Pekalongan. Pekalongan.

Shastya, A. 2017. Analisis Kepuasan dan Keputusan Konsumen terhadap konsumsi ikan laut di Kota Banda aceh, Universitas Syiah Kuala Vol.2 (2).

Nurjanah, Hidayat, T. Perdana Mawarti Silvia. 2015. Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Konsumsi Ikan Pada Wanita Dewasa Di Indonesia. JPHPI Vol.8 (1).

Downloads

Published

2020-11-04