PENGARUH WAKTU PEMBERIAN PAKAN KOMERSIL YANG TEPAT UNTUK PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN ASANG (Ostheochilus haselti C.V)

Authors

  • Diana Reska Ayu Putri Universitas Bung Hatta
  • Usman Bulanin Universitas Bung Hatta
  • Mas Eriza Universitas Bung Hatta

Keywords:

Pertumbuhan, Kelangsungan Hidup, Larva Ikan Asang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Awal Pemberian Pakan Komersil terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup larva Ikan Asang (Ostheohilus haselti C.V). Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan Agustus sampai bulan September 2020 di Laboratorium Terpadu Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatera Barat. Penelitian ini dilakukan dengan metode Eksperimen dan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 4 kali ulangan. Adapun perlakuan yang digunakan adalah sebagai berikut : A : Larva 5 - 35 hari diberi pakan Feng Li, B : Larva 5 - 10 hari diberi Daphnia sp, 11 - 35 hari diberi pakan Feng Li, C : Larva 5 - 15 hari diberi Daphnia sp, 16 - 35 hari diberi pakan Feng Li. Peubah yang diamati meliputi pertumbuhan berat mutlak, pertumbuhan panjang mutlak, serta kelangsungan hidup. Berdasarkan tabel analisis ragam diketahui perlakuan awal pemberian pakan yang terbaik terdapat pada perlakuan C, untuk perlakuan kelangsungan hidup pada awal pemberian pakan yang tertinggi terdapat pada perlakuan C dengan rata-rata 28,91±1,86%, dan untuk pertumbuhan berat mutlak yang tertinggi terdapat pada perlakuan C dengan rata-rata 22,03±0,57 mg, dan untuk pertumbuhan panjang mutlak yang tertinggi pada penelitian ini terdapat pada perlakuan C dengan rata-rata 2,88±0,20 mm. Berdasarkan hasil penelitian terlihat kadar pengamatan kualitas air Selama penelitian yaitu, Suhu 29 ˚C, DO 4 – 6 mg/L, pH 7 – 8 ppm, dan Ammoniak 0,05 – 0,1 mg/L dalam kisaran standar baku mutu yang layak untuk budidaya

References

Bulanin., U. 1994. Pertumbuhan dan kelangsungan hidup larva ikan betutu (Oxyeleotris marmorata Blkr.) yang diberi pakan mikroenkapsul. Fish J Garing 3:1 – 8.

Raezaki, R. 2001. Pengaruh pemberian pakan yang berbeda terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup Larva ikan Bilih (Miystacoleucus padangensis, Blkr) Skripsi. Fakultas perikanan UBH, Padang 36 halm.

Syandri, H., dan Azrita., and Junaidi., (2014)a. State of Aquatic Resources Maninjau Lake West Province, Indonesia. Journal of Ecology and Environmental Sciences. 1 (5) : 109-113

Downloads

Published

2020-11-03