PENGGUNAAN EKSTRAK DAUN SAMBUNG NYAWA (Gynura procumbens) DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA UNTUK MENYEMBUHKAN IKAN PATIN (Pangasius Sp) YANG TERINFEKSI BAKTERI Edwardsiella tarda

Authors

  • Muhammad Ali Basha Universitas Bung Hatta
  • Elfrida Universitas Bung Hatta
  • Endryeni Universitas Bung Hatta

Keywords:

Ekstraksi, daun Sambung Nyawa, Edwardsiella tarda

Abstract

Penggunaan antibiotik yang terus menerus dan bila penggunaannya tidak tepat dapat menyebabkan bakteri patogen menjadi resisten, dapat menyebabkan penumpukan residu obat-obatan didalam tubuh ikan dan lingkungan perairan. Penggunaan ekstrak herbal telah dimanfaatkan untuk berbagai macam pengobatan, salah satu bahan herbal yang dapat digunakan adalah daun Sambung Nyawa (Gynura procumbens). Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui konsentrasi yang terbaik dari ekstrak daun Sambung Nyawa (Gynura procumbens) dalam penyembuhan Ikan Patin (Pangasius sp) yang terinfeksi bakteri Edwardsiella tarda. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Sumatera Barat. Pada Bulan Juni sampai dengan Juli 2020. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksprerimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 3 kali ulangan. Hasil penelitian dengan analisis varian menunjukan pemberian larutan daun Sambung Nyawa (Gynura procumbens) dengan konsentrasi yang berbeda memberikan pengaruh nyata (p>0,05) terhadap tutupan luka dan kelangsungan hidup ikan Patin (Pangasius Sp) akibat infeksi bakteri Edwardsiella tarda. Perlakuan B dengan konsentrasi 3000 ppm memberikan pengaruh tutupan Luka sebesar 80,64% dan kelangsungan hidup sebesar 100%.

References

Ahmad, F. 2019. Uji Efektivitas Gambir (Uncaria Gambir Roxb) Terhadap Ikan Mas (Cyprinus carpio L.) Yang Terinfeksi Bakteri Aeromonas hydrophila. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Bung Hatta Padang. Padang. Hal : 20. 29. 30.

Anonimus. 2007. Budidaya Ikan Mas Keramba Jaring Apung. Lampung: Balai Budidaya air Tawar.

Rahman, E. F. 2010. Efektivitas Ekstrak Daun Dewa (Gynura pseudochina (Lour.) DC) Terhadap Pertumbuhan Candida albicans pada Plat Dasar Gi gi Tiruan Resin Akrilik. Majalah Ilmiah Sultan Agung, 48 (123), 32-45.

Suryaningrum, T.D., I, Muljanah, dan E. Tahapari. 2010. Profil Sensori dan Nilai Gizi Beberapa Jenis Ikan Patin dan Hibrid Nasutus. Jurnal Pascapanen dan Bioteknologi

Downloads

Published

2020-11-03