STUDI PENDUGAAN STOK IKAN TENGGIRI (Scomberomorus commersoni) YANG DIDARATKAN DI PPI AIR BANGIS KECAMATAN SUNGAI BEREMAS KABUPATEN PASAMAN BARAT

Authors

  • Sestri Ramalia Adha Universitas Bung Hatta
  • Eni Kamal Universitas Bung Hatta
  • Suardi Mahmud Lasibani Universitas Bung Hatta

Keywords:

Ikan Tenggiri (Scomberomorus commersoni), CPUE, MSY

Abstract

Ikan tenggiri merupakan komoditas perikanan unggulan dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Permintaan ikan tenggiri yang tinggi dapat mempengaruhi stok ikan tenggiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil tangkapan per upaya penangkapan (CPUE) ikan tenggiri, menganalisis potensi sumberdaya lestari (MSY) ikan tenggiri dan mengkaji tentang status tingkat pemanfaatan sumberdaya ikan tenggiri yang berada di Nagari Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Analisa data menggunakan data statistik perikanan tangkap DKP Provinsi Sumatera Barat tahun 2011-2018. Hasil penelitian menunjukkan fluktuasi nilai CPUE yang naik turun. CPUE mengalami kenaikan tahun 2014 dengan nilai 14,00 ton/unit dan mengalami penurunan tahun 2016 dengan nilai 0,16 ton/unit dengan rata-rata nilai CPUE sebesar 3,48 ton/unit serta diperoleh pendugaan nilai potensi sumberdaya lestari (MSY) sebesar 3.169,75 ton dan upaya penangkapan sebesar 563 unit, 80% dari nilai MSY tersebut yang dapat dimanfaatkan yaitu sebesar 2.535,80 ton dengan alat tangkap sebesar 450 unit. Berdasarkan nilai MSY dan upaya penangkapan optimum tenggiri pada daerah perairan Pasaman Barat telah mengalami overfishing pada tahun terakhir. Tingkat pemanfaatan menunjukkan pada tahun 2013 didapatkan hasil tertinggi sebesar 130,65 %, dan tahun 2015 didapat hasil terendah dengan nilai 4,05 % dengan nilai rata-rata tingkat pemanfaatan ikan tenggiri tahun 2011-2018 sebesar 50,79 % menunjukkan tingkat pemanfaatan sumberdaya ikan tenggiri belum mencapai tingkat optimum

References

BPS. 2020. Kabupaten Pasaman Barat Dalam Angka (Pasaman Barat Regency in Figures). 215 Hal.

Gemaputri, A.A., 2013. Tingkat Pemanfaatan Sumberdaya Ikan Hasil Tangkapan di Perairan Jember (Utilization Rate of Fish Resources In jember Water). Jurnal Perikanan (J.Fish.Sci). Vol 15 (1) : 35-41.

Putri, D.W., Kamal, E. dan Lasibani, S.M., 2019. Studi Pendugaan Stok Ikan Tuna Madidihang (Thunnus Albacares) Yang Didaratkan Di Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus Padang. FPIK, Jurnal Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Vol. 15 (2).

Abdullah, R., Kamal, E., dan Bulanin, Usman., 2016. Analisis Catch Per Unit Effort (Cpue) Ikan Tuna (Thunnus Sp), Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis), Ikan Tongkol (Euthynnus Sp) (Tct) Di Pelabuhan Perikanan Nusantara Kwandang – Gorontalo. PSP2K Jurnal Program Pascasarjana. Vol. 8 (1).

Nabunome, Welhelmus. 2007. Model Analisis Bioekonomi dan Pengelolaan Sumberdaya Ikan Demersal (Studi Empiris di Kota Tegal), Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Sumberdaya Pantai. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Downloads

Published

2020-11-04