STUDI PENDUGAAN STOK IKAN HIU (Carcharhinus sp.) YANG DIDARATKAN DI PPI AIR BANGIS KECAMATAN SUNGAI BEREMAS KABUPATEN PASAMAN BARAT

Authors

  • Nur Azizah Universitas Bung Hatta
  • Eni Kamal Universitas Bung Hatta
  • Suardi Mahmud Lasibani Universitas Bung Hatta

Keywords:

Air Bangis, Pendugaan Stok, MSY

Abstract

Salah satu sumberdaya perikanan adalah ikan Hiu (Carcharhinus sp.) yang sangat potensial yang didaratkan di PPI Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Permintaan yang tinggi berpengaruh terhadap stok ikan Hiu. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil tangkapan per upaya penangkapan (CPUE), potensi sumberdaya lestari (MSY), dan mengkaji tentang tingkat pemanfaaatan ikan Hiu (Carcharhinus sp.) yang didaratkan di PPI Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif. Data yang dianalisa dilakukan berdasarkan data Statistik Perikanan Tangkap Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2011-2018. Data dianalisis menggunakan metode surplus produksi Model Schaefer. Hasil menunjukkan bahwa nilai CPUE terendah tahun 2011 dengan nilai 0,06 ton/unit dan tertinggi tahun 2017 dengan nilai 0,64 ton/unit dengan nilai CPUE rata-rata 0,33 ton/unit, diperoleh pendugaan nilai potensi lestari (MSY) sebesar 365 ton dan pendugaan upaya penangkapan optimum (Fopt) sebanyak 605 unit. Tingkat pemanfaatan ikan Hiu mengalami kenaikan dan penurunan setiap tahunnya yang berkisar antara 16,88%-144,11%.Potensi yang dapat dimanfaatkan (alloweable catch) sebesar 80% dari MSY yaitu 292 ton/tahun.

References

Fahmi dan Dharmadi, 2015. Pengenalan Jenis- Jenis Hiu Indonesia. Hal 1-63.

Suryagalih S., dan Darmawan, 2012. Studi Pengelolaan Perikanan Hiu di Pantai Utara Pulau Jawa. Jurnal Marine Fisheries. Vol. 3, No.2. Dinas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan,Institut Pertanian Bogor. Tangerang. Hal: 149-159.

Sampaga L. O. T., Andi I. N., dan Muslim T., 2019. Kajian Ekologi dan Pengelolaan Ikan Kembung (Rastrelliger kanaguarta) di Selat Tiworo.Jurnal Sains dan Inovasi Perikanan.Vol. 3, No.2 hal 52- 59 juli 2019.

Wulandari D. P., E. Kamal, dan Yuspardianto, 2019. Studi Pendugaan Stok Udang Mantis (Harpio squilla raphidea) di Desa Parit III Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jurnal Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan. Universitas Bung Hatta : Padang.

Putri D. W., E. Kamal, dan Suardi ML., 2019. Studi Pendugaan Stok Ikan Tuna Madidihang (Thunnus albacores) yang Didaratkan di Pelabuhan Perikanan Bungus. Jurnal Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan. Universitas Bung Hatta. Padang.

Downloads

Published

2020-11-04