STUDI PENDUGAAN STOK IKAN CAKALANG (Katsuwonus pelamis) YANG DIDARATKAN DI PPI AIR BANGIS KECAMATAN SUNGAI BEREMAS KABUPATEN PASAMAN BARAT

Authors

  • Melsa Windri Universitas Bung Hatta
  • Eni Kamal Universitas Bung Hatta
  • Suardi Mahmud Lasibani Universitas Bung Hatta

Keywords:

Air Bangis, pendugaan stok, ikan cakalang

Abstract

Salah satu sumberdaya perikanan adalah ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) yang sangat potensial di PPI Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Permintaan ikan Cakalang yang sangat tinggi berpengaruh terhadap stok ikan cakalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil tangkapan per upaya penangkapan (CPUE), potensi sumberdaya perikanan (MSY), dan mengkaji tentang tingkat pemanfaatan ikan Cakalang (K. pelamis) di PPI Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Dalam penelitian ini metode deskriptif adalah metode yang digunakan. Data yang dianalisis dilakukan berdasarkan data statistik perikanan tangkap Kabupaten Pasaman Barat tahun (2011-2018). Data analisis menggunakan motode surplus produksi Model Schaefer. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai CPUE mengalami penurunan tahun 2016 dengan nilai 7,28 ton/unit dan mengalami kenaikan tahun 2017 dengan nilai 66,70 ton/unit, diperoleh pendugaan nilai potensi sumberdaya lestari (MSY) sebesar 4.362,41 dan pendugaan upaya penangkapan optimum (Fopt) sebanyak 381 unit. Berdasarkan nilai MSY terdapat 2 tahun yang melebihi batas maksimalnya dan upaya optimum penangkapan belum mencapai batas maksimal. Tingkat pemanfaatan membuktikan pada tahun 2017 didapatkan hasil tertinggi dengan nilai sebesar 145,26 % dan pada tahun 2011 didapatkan hasil terendah dengan nilai sebesar 10,68% . Nilai rata-rata tingkat pemanfaatan ikan cakalang masih dalam tahap berkembang dan kisaran tingkat pemanfaatan masih dalam keadaan rendah belum mencapai overfishing

References

Fauzi, A. 2010. Ekonomi Perairan: Teori, Kebijakan dan Pengelolaan. Pt. Gramedia Pusat, Jakarta.

Putri, D.W., Kamal, E., dan Lasibani, S.M., 2019. Studi Pendugaan Stok Ikan Tuna Madidihang (Thunus albacares) yang Didaratkan di Pelabuhan Perikanan Bungus Padang. FPIK. Jurnal Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Vol.15 (2)

Abdullah, R., Kamal, E., dan Bulanin, Usman., 2016. Analisis Catch Per Unit Effort (Cpue) Ikan Tuna (Thunnus Sp), Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis), Ikan Tongkol (Euthynnus Sp) (Tct) Di Pelabuhan Perikanan Nusantara Kwandang – Gorontalo. PSP2K Jurnal Program Pascasarjana. Vol. 8 (1).

Esa, M.A., Kamal, E., dan Yuspardianto., 2016. Cath Per Unit Effort (Cpue) Hasil Tangkapan Kapal Tonda yang Didaratkan Dimuara Padang, Sumatera Barat. FPIK. Jurnal Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Vol.9(2)

Downloads

Published

2020-11-04