PENGARUH PERBEDAAN SUHU TERHADAP WAKTU PENETASAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN ASANG (Osteochilus vittatus)

Authors

  • Reza Saputra Universitas Bung Hatta
  • Azrita Universitas Bung Hatta
  • Nawir Muhar Universitas Bung Hatta

Keywords:

Waktu penetasan, daya tetas, ikan asang, Osteochilus Vittatus

Abstract

Penelitian Pengaruh Perbedaan Suhu Terhadap Waktu Penetasan Dan Kelangsungan Hidup Larva Ikan Asang (Osteochilus Vittatus). Bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan suhu terhadap waktu penetasan dan kelangsungan hidup larva ikan asang Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2019 - Juli 2020 di Laboratorium Terpadu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta, Padang. Metode penelitian adalah eksperimen dan rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan, yaitu Perlakuan A : Penetasan dengan suhu kamar (27˚C kontrol), Perlakuan B : Penetasan dengan suhu 26˚C, Perlakuan C : Penetasan dengan suhu 29˚C, Perlakuan D : Penetasan dengan suhu 32˚C. Bahan uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah telur Asang (Ostheochilus vittatus) yang dihasilkan dari pemijahan secara buatan. Parameter yang diamati Diameter Telur, Jumlah Telur yang Dibuahi (Fertilitas), Waktu Penetasan, Daya Tetas Telur (Hatching Rate), Kelangsungan Hidup Larva (Surfival Rate), Kualitas Air. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh waktu penetasan dan diameter telur ikan asang terbaik terdapat pada perlakuan D selama 12.18 jam dengan diameter telur 687,27 µm dengan suhu 32 °C. Sedangkan drajat pembuahan ( 83,60 % ) dan drajat penetasan (60,73%) terdapat pada perlakuan A dengan dengan suhu optimum 27 oC dan Kelangsungan hidup larva ikan asang tertinggi terdapat pada perlakuan C dengan suhu 29 °C sebesar 55,9 %.

References

Azrita and Syandri, H. 2015. Morphological Character Among Five Strains of Giant Gourami, Oshpronemus gourami Lacepede,1801(Actinopterygii:Perciformes: Osphronemidae) using a truss morphometric system.International Journal of Fisheries and Aquatic Studies, 2(6): 344-350

Azrita. 2020. Gurami sago (Osphrenemus goramy lac) :komiditi unggulan perikanan air tawar untuk pangan dan ikan hias. LPPM Univesitas Bung Hatta.168 hlm. ISBN 978-623-93573-3-7.

Lagler, K. F., J. E. Bardach., dan R. R. Miller. 1962. Ichtyology. John Willey and Sons, Inc. New York. 545pp.

Syandri H, Azrita, Junaidi. 2014. Morphological Characterization of Asang Fish (Osteochilus vittatus ) in Singkarak Lake, Antokan River and Koto Panjang Reservoir West Sumatera Province, Indonesia. Journal of Fisheries and Aquaculture 1 : 158 – 162.

Tang, U. M. dan Affandi, R. 2001. Biologi Reproduksi Ikan. Pusat penelitian Kawasan Pantai dan Pengetahuan Alam Universitas Negri Padajaran Bandung. Bandung. 31 hal

Downloads

Published

2020-11-04