INVENTARISASI ENDOPARASIT PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI KERAMBA JARING APUNG (KJA) NAGARI SUNGAI BATANG DANAU MANINJAU SUMATERA BARAT

Authors

  • Ria Ramadhani Universitas Bung Hatta
  • Nawir Muhar Universitas Bung Hatta
  • Elfrida Universitas Bung Hatta

Keywords:

endoparasit, ikan nila, Vorticella sp. dan Enterobius vermicularis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis endoparasit, prevalensi, intensitas dan dominansinya pada saluran pencernaan ikan nila (Oreochromis niloticus) pada Keramba Jaring Apung (KJA) Danau Maninjau Sumatera Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2020, bertempat di Danau Maninjau dan Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Padang, Sumatera Barat. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode Observasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa, terdapat 2 jenis endoparasit yang menyerang ikan nila (Oreochromis niloticus) yakni Vorticella sp. dan Enterobius vermicularis. Stasiun 1 dan 2 nilai prevalensi tidak ada yang terinfeksi dengan nilai prevalensi 0%. Dan pada stasiun 3 nilai prevalensi infeksi sangat sering dengan nilai prevalensi 66,67%. Intensitas serangan endoparasit pada stasiun 1 dan 2 memiliki intensitas masing-masing stasiun adalah IN 0. Dan sedangkan pada stasiun 3 nilai intensitas rendah dengan nilai 1. Dominansi serangan endoparasit pada stasiun 3 Vorticella sp. dengan jumlah sebanyak 3 jenis endoparasit dengan nilai dominansi 75%. Sedangkan Enterobius vermicularis juga terdapat pada sampel stasiun 3 dengan jumlah 1 jenis endoparasit dengan nilai dominansi 25%.

References

Aziz, I., Heppi dan Darto. 2013. Identifikasi Ektoparasit pada Udang Windu (Panaeus monodon) di Tambak Tradisional Kota Tarakan. Tesis. Universitas Borneo Tarakan. Tarakan.

Karno, H., 2007. Identifikasi Protozoa Parasitik pada Kulit, Insang dan Usus Ikan Mas (Cyprinus Carpio) dan Ikan Nila (Oreochromis sp.) di Pasar Empang Bogor. Skripsi. Fakultas Kedokteran Hewan. Institut Pertanian Bogor. Bogor. Lestari, W. 2015. Identifikasi Ektoparasit Ikan Nila Pada Kolam IPAL. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Mahasri, G., S. Subekti, S. Koesdarto dan Kismiyati. 2008. Buku Petunjuk Praktikum Parasit dan Penyakit Ikan II (Ilmu Penyakit Helminth). Program Studi S1 Budidaya Perairan. Fakultas Kedokteran Hewan. Universitas Airlangga. Surabaya. 64 hal.

Downloads

Published

2020-11-04