ANALISIS KELAYAKAN USAHA PENANGKAPAN IKAN DENGAN ALAT TANGKAP PURSE SEINE DI DAERAH SASAK KECAMATAN RANAH PESISIR KABUPATEN PASAMAN BARAT

Authors

  • Junaidi Universitas Bung Hatta
  • Alfin Junilsyah Universitas Bung Hatta
  • Bukhari Universitas Bung Hatta

Keywords:

Sasak, purse seine, Analisis Kelayakan Usaha

Abstract

Pukat cincin (purse seine) adalah alat penangkap ikan yang terdiri dari jaring yang di pergunakan untuk menangkap ikan pelagis yang bergerombol. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi perikanan purse seine, dan menganalisis kelayakan usaha alat tangkap purse seine. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dari total alat tangkap purse seine sebanyak 23 unit, ditetapkan 10 unit kapal yang menggunakan alat tangkap purse seine yang akan diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 10 unit kapal purse seine yang berukuran sedang dengan volume 30 GT dan kekuatan mesin 120 HP yang aktif beroperasi di daerah Sasak, ukuran kapal meliputi: lebar ± 5 meter dan dalam kapal ± 1,35m. Dari analisis kelayakan usaha alat tangkap purse seine di daerah Sasak didapat nilai rata-rata Net Present Value (NPV) sebesar Rp. 126.087.099,20 Benefit Cost Ratio (BCR) sebesar 1,74(>1) dan Internal Rate of Return (IRR) sebesar 16,74%. Maka usaha alat tangkap purse seine layak untuk dikembangkan.

References

Badan Pusat Statistik. (2014). Pasaman Barat dalam Angka. Pasaman Barat.

Dinas Kementrian Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pasaman Barat. (2013). Potensi Perikanan dan Kelautan Pasaman Barat. Pasaman Barat.

Jufriman, Junaidi, & Bukhari. (2015). Studi Pemanfaatan Alat Bantu Penangkapan Ikan Dengan Pukat Cincin (Purse Seine) Di Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat.

Kasmir, & Jakmal. (2009). Studi Kelayakan Bisnis Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group.

Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Neliyana, Wiryawan, B., Wiyono, E. S., & Nurani, T. W. (2014). Analisis Kelayakan Usaha Perikanan Pukat Cincin di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Lampulo Banda Aceh Provinsi Aceh. 163-169.

Prasetyo, A. B., Hapsari, T. D., & Setiyanto, I. (2016). Analisis Kelayakan Finansial Usaha Penangkapan Ikan dengan Kapal Purse Seine Berpendingin Freezer dibandingkan dengan Es di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Bajomulyo, Juwana, Kabupaten Pati.

Downloads

Published

2020-11-04