KAJIAN MORFOMETRIK IKAN TERI (Stolephorus sp.) YANG DIDARATKAN DI PASIE NAN TIGO DAN TPI GAUNG KOTA PADANG

Authors

  • Prand Noval Universitas Bung Hatta
  • Arlius Universitas Bung Hatta

Keywords:

morfometrik, meristik, ikan teri (Stolephorus sp.)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji morfometrik ikan teri (Stolephorus sp.) yang didaratkan di Pasie Nan Tigo dan TPI Gaung. Penelitian dilakukan bulan Januari sampai Februari 2020 di Laboratorium Mikrobiologi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Bung Hatta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sampel diambil sebanyak 200 ekor ikan teri (Stolephorus sp.) yang terdiri atas; 100 ekor ikan teri (Stolephorus sp.) dari Pasie Nan Tigo dan 100 ekor ikan teri (Stolephorus sp.) dari TPI Gaung. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa, pada karakter morfometrik ikan teri (Stolephorus sp) di lokasi Pasia Nan Tigo dan TPI Gaung tidak memiliki perbedaaan secara signifikan. Panjang total ikan teri (Stolephorus sp.) yang didaratkan di daerah Pasie Nan Tigo, berkisar antara 66-93 mm dengan nilai rata- rata 70,62 mm, dan berat ikan berkisar antara 10-16 gram. Sedangkan ikan yang di daratkan di TPI Gaung, ikan memiliki ukuran panjang berkisar antara 61-92 mm dengan nilai rata-rata 71,47 mm dan berat berkisar antara 20-35 gram.

References

Yasmin. D. 2019. Kajian Morfometrik Dan Meristik Ikan Layur (Trichiurus Lepturus) Yang Didaratkan Di Kota Padang Dan Kabupaten Mukomuko. Skripsi. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Bung Hatta, Padang.

Mukaromah, A.H., Kadja, G.T.M Mukti, R.R., Pratama, I.R., Zulfikar, M.A. dan Buchari. 2016. Surface-to-volume Ratio of Synthesis Reactor Vessel Governing Low Temperature Crystallization of ZSM-5. Journal of Publisher ITB.48:(3), 241-251.

Hega, O. 2016. Analisis Penggunaan Lampu Led dan Lama Perendaman Jaring Terhadap Hasil Tangkapan Ikan Teri (Stolephorus sp.) Bagan Tancap (Lift Net) di Perairan Morodemak. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 5:(1), 94–101.

Darmawan. I., 2017. Studi Pemanfaatan Sumberdaya Ikan Teri (Stolephorus sp.) Menggunakan Alat Tangkap Bagan Perahu di Perairan Sorong. Tesis. Program Pascasarjana, Universitas Terbuka, Jakarta.

Musarratulain, Masood Z, Bibi R, Bibi M, Gul H, Farooq RY, Jamil N. 2015. Growth Profile of an Indian Anchovy Species, Stolephorus indicus of Family Engraulidae from Keti Bunder, Sindh, Pakistan. Journal of Global Veterinaria. 14(4): 619- 622.

Downloads

Published

2020-11-07