PENGARUH PENAMBAHAN ES PADA BAHAN BAKU TERHADAP MUTU IKAN TERI (Stolephorus sp.) KERING

Authors

  • Rohiman Universitas Bung Hatta
  • Yempita Efendi Universitas Bung Hatta
  • Yusra Yusra Universitas Bung Hatta

Keywords:

es, ikan teri (Stolephorus sp)

Abstract

Pemberian es adalah salah satu cara pengawetan ikan. Es berfungi untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan es pada bahan baku terhadap mutu ikan Teri (Stolephorus sp.) kering. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Yang menjadi perlakuan dalam penelitian adalah a) ikan Teri (Stolephorus sp.) pakai es; dan b) ikan teri (Stolephorus sp.) tanpa es. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pemberian es pada bahan baku tidak berpengaruh nyata terhadap mutu ikan teri (Stolephorus sp.) kering.

References

Undang-Undang Nomor 31. 2004. Tentang Perikanan. Dewan Ketahanan Pangan. Jakarta.

Relekar SS, Joshi SA, Gore SB, Kulkami AK, 2014. Effect of improved drying methods on biochemical and microbiological quality of dried small head ribbon fish, Lepturacanthus savala. International Journal of fisheries and Aquatic studies 1(5): 60-66.

Daeng. R dan Ibnu. W. 2019. Karakteristik Kimia dan Evaluasi Sensori Produk Ikan Teri Kering Lokal di Desa Toniku. Jurnal Biosainstek, 2(1): 1-8.

Agus. A dan Fikri. R. 2018. Pengujian Mutu Ikan Teri Kering (Stolephorus spp) Dengan Penggunakan Konsentrasi Garam yang Berbeda. Jurnal Ilmu Kelautan Kepulauan, 1(2);30-46.

Downloads

Published

2021-04-01