ASPEK BIOLOGI REPRODUKSI DAN EKOLOGI IKAN BOTIA (Chromobotia macracanthus) DI PERAIRAN SUNGAI KAMPAR KANAN, KABUPATEN KAMPAR, PROVINSI RIAU

Authors

  • Toby Zaldi.L Universitas Bung Hatta
  • Yuneidi Basri Universitas Bung Hatta
  • Hafrijal Syandri Universitas Bung Hatta

Keywords:

Ikan Botia, Reproduksi, TKG, IKG

Abstract

Ikan botia sampai saat ini masih di tangkap di alam, oleh karna itu perlu di lakukan domestikasi. Untuk proses domestikasi penting dianalisis aspek biologi reproduksi di Sungai Kampar Kanan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan panjang - berat ikan botia, aspek reproduksi meliputi seksualitas, tingkat kematangan gonad, indeks gonad somatik, fekunditas dan diameter telur, dan aspek lingkungan perairan pada lokasi pengambilan sampel ikan botia di sungai Kampar Kanan, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Dalam penelitian ini di gunakan metode deskriptif. Ikan sampel dibeli dari hasil tangkapan masyarakat di sekitar perairan sungai Kampar Kanan. Selanjutnya dianalsis aspek reproduksinya di Laboratorium Terpadu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta. Hasil analisis statistik hubungan panjang total dan berat tubuh ikan botia sebanyak 24 ekor dengan masing-masing jenis kelamin diperoleh persamaan hubungan panjang total dan berat tubuh dengan nilai R²=0,8617 untuk ikan betina dan R²=0,8099 untuk jantan. Nilai IKG ikan botia betina berkisar 5,79-12,38%. Fekunditas berkisar antara 8.509 - 27.328 butir. Diameter telur berkisar antara 0,9 – 1 mm, dengan Kisaran berat gonat 20 – 44,8 g.

References

Muslim 2018. Aktivitas Penangkapan dan Perdagangan Ikan Hias Botia (Botia macrachanta blkr) di Sungai Penukal Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan. Jurnal Ilmu Ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan, Volume 3 (1) : 53-58.

Fuadi, Zahrul, Irma Dewiyanti, and Syahrul Purnawan. Hubungan panjang berat ikan yang tertangkap di Krueng Simpoe, Kabupaten Bireun, Aceh.Diss.Syiah Kuala University, 2016.

Effendie, M.I. (2002). Biologi perikanan. Yayasan Pustaka Nusantara. Jogjakarta, 112 hlm.

Muslim. 2007. Tingkat perkembangan gonad (TKG) ikan gabus (Channa striatus Blkr.) di sekitar Sungai Kelekar. Agria, 3, 25-27.

Satyani, D., J. Slembrouck., S. Subandiyah dan

M. Legendre. 2016. Peningkatan teknis pembenihan ikan hias botia, (Chromobotia macracanthus bleeker). J. Ris. Akuakultur 2 (2)

: 135-142

Prasetyo, D. 2003. Penelitian Pendahuluan Sebaran Ukuran Dan Reproduksi Ikan Botia (Botia Macracanthus) Di Perairan DAS Musi. Jurnal Ilmu-Ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan, 1(1).

Tang, U.M., & Affandi, R. 2001. Biologi reproduksi ikan. Pusat Penelitian Kawasan Pantai dan Perairan. Universitas Riau. Pekanbaru, 153 hlm.

Downloads

Published

2021-04-01