PENGARUH AWAL PEMBERIAN PAKAN KOMERSIL TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN LARVA IKAN GABUS (Channa striata)

Authors

  • Andika Sastra Universitas Bung Hatta
  • Yunaidi Basri Universitas Bung Hatta
  • Lisa Deswati Universitas Bung Hatta

Keywords:

ikan, gabus, pakan, komersil, pertumbuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan waktu awal pemberian pakan komersil yang tepat terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan larva ikan gabus. Metode penelitian yang digunakan dan penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap menggunakan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diuji stastistik Analisa of varian (Anova). Awal pemberian pakan komersil tidak berpengaruh nyata terhadap kelangsungan hidup, pertumbuhan panjang mutlak dan laju pertumbuhan panjang spesifik larva ikan gabus. Kelangsungan hidup yang tertinggi yaitu perlakuan A (100%), laju pertumbuhan panjang spesifik larva ikan gabus yaitu perlakuan A (4,30±0,059) dan pertumbuhan panjang mutlak tertinggi yaitu perlakuan C (58,00±1,24).

References

Hidayati, I. Y, Basri dan L, Deswati. 2014. Pengaruh Pemberian Pakan Alami Yang Berbeda Terhadap Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Larva Ikan Sepat Mutiara (Trichogaster leeri). Prosiding Hasil Penelitian Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Bung Hatta.

Alawi, H. N. Arianti dan N. Asiah. 2014. Pemeliharaan Larva Ikan Katung (Pristolepis grooti Bleeker) Dengan Pemberian Pakan Berbeda. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia. 2 (1) : 24-42

Effendi, I. Widanarni dan D, Augustine. Perkembangan Enzim Pencernaan Larva Ikan Patin (Pangasius hypophthalmus sp). Jurnal Akuakultur Indonesia. 2 (1) : 13-20.

Mahendra., dan Supriadi. 2019. Laju Pertumbuhan Larva Ikan Seurukan (Osteochilus vittatus) Dengan Pemberian Kuning Telur Unggas. Jurnal Akuakultura. 3 (1).

Melianawati, R. dan N. W. W. Astuti. 2019. Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Larva Plectropomus leopardus Lacepède,1802 (Actinopterygii:serranidae) dengan Waktu Awal Pemberian Pakan Buatan Berbeda. Jurnal Kelautan Tropis. 22 (2) : 181-190.

Extrada, E. H.T, Ferdinand dan Yulisman. 2013. Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Benih Ikan Gabus (Channa striata) Pada Berbagai Tingkat Ketinggian Air Media Pemeliharaan. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia, 1(1) :103-114

Baalu, N. M, Indris. Yusnaini. A, Kurnia. 2018. Pertumbuhan Ikan Gabus (Channa striata) yang Diberi Pakan Keong Mas(Pomacea canaliculata) Segar dan Kering. Media Akuatika. 3 (1).

Downloads

Published

2021-04-01