KAJIAN DESAIN DAN KONSTRUKSI PERAHU FIBERGLASS REINFORCED PLASTIC PANJANG 9 METER DI CILACAP UTARA KABUPATEN CILACAP PROVINSI JAWA TENGAH

Authors

  • Gema Fuadi Universitas Bung Hatta
  • Suardi Lasibani Universitas Bung Hatta
  • Bukhari Universitas Bung Hatta

Keywords:

Cilacap, perahu, fibberglass, desain

Abstract

Penggunaan fiberglass diharapkan dapat menggantikan kayu sebagai bahan utama dalam pembuatan kapal atau perahu yang berukuran kecil seperti : speed boat. Tujuan penelitian ini adalah Mengkaji desain dan konstruksi perahu fiberglass Reinforced Plastic dengan panjang 9 Meter dan mendeskripsikan teknik pembuatan perahu fiberglass. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu Data primer yang di peroleh langsung pada pengukuran ukuran utama seluruh perahu fiberglass panjang 9 Meter di daerah penelitian. Hasil penelitian di dapatkan desain perahu FRP pada penelitian ini memiliki panjang total (LOA) 9 m, lebar total (BOA) 1,15 m, dalam (D) 0,75 m, dan perahu berbentuk huruf “V”.

References

Badan Pusat Statistik [BPS]. 2019. Statistik Daerah Kecamatan Cilacap Utara 2019: Badan Pusat Statistik Kabupaten Cilacap.

Yuwandana, Dwi P., Purwangka Fis., Iskandar, Budhi Hascaryo, 2013. Desain dan konstruksi perahu katamaran fiberglass untuk wisata pancing: BULETIN PSP Volume 21. No. 1. Hal 119-136

Afrianto, Doni, Muharnis, dan Razali, 2014. Proses Pembuatan Kapal FRP Berkapasitas 14 Meter Bagi Nelayan di Kabupaten Bengkalis: Inovtek Volume 4, Nomor 1. Hal 48 – 57.

Downloads

Published

2021-04-01