PENGARUH PERBEDAAN JENIS UMPAN TERHADAP HASIL TANGKAPAN DENGAN BUBU LIPAT DI PERAIRAN AIR BANGIS KABUPATEN PASAMAN BARAT

Authors

  • Reza Akbar Universitas Bung Hatta
  • Bukhari Universitas Bung Hatta
  • Eni Kamal Universitas Bung Hatta

Keywords:

Bubu, Air Bangis, experimental fhising

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penggunaan umpan yang berbeda terhadap jumlah hasil tangkapan dan untuk menentukan jenis umpan yang efektif pada penangkapan menggunaka bubu lipat Di Perairan Air bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experimental fishing, dengan menggunakan 4 jenis umpan yang berbeda. Penggunaan jenis umpan yang berbeda berpengaruh nyata terhadap jumlah dan berat total hasil tangkapan di perairan Air Bangis . Jenis umpan yang efektif untuk menangkap rajungan dengan bubu lipat pada penelitian ini adalah perlakuan C (151±2,94) ekor dengan berat (12.156±240,98) g. Sedangkapan hasil tangkapan ikan Kerong-kerong pada Perlakuan D sebesar (122±6,35) ekor dengan berat (3.497±173,94) g.

References

Iqbal, R.,Bukhari., dan Kamal, E. 2020. Studi Perbedaan Jenis Umpan Pada Alat Tangkap Bubu Lipat Terhadap Hasil Tangkapan Di Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. E-Jurnal Universitas Bung Hatta Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Vol. 17 No. 2.

Amriansyah, Umroh, Kurniawan. 2015. Analisis Hasil Tangkapan Rajungan (Portunus Pelagicus) Menggunakan Bubu Lipat di Muara Tebo Nelayan 1 Kecamatan Sungai liat Kabupaten Bangka. Jurnal Sumberdaya Perairan Vol 9. No. 2.

Rahayu, Y., Kamal, E., dan Yuspardianto. 2016. Penharuh Jenis Umpan Terhadap Hasil Tangkap Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus) dengan Alat Tangkap Bubu di Danau Maninjau Kabupaten Agam. Jurnal Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta. Vol. 9 No. 2.

Nedi, Y., Kamal, E., dan Yuspardianto. 2015. Pengaruh Waktu Penangkapan Kepiting Bakau (Scylla Serrata) Pada Bulan Terang dan Gelap Terhadap Hasil Ta ngkapan Bubu Di Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pesisir Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta. Vol 8 No 2.

Downloads

Published

2021-04-01