KAJIAN KONSTRUKSI KAPAL BAGAN DI SUNGAI PISANG KELURAHAN TELUK KABUNG SELATAN KOTA PADANG

Authors

  • Ilham Ikhwanda Universitas Bung Hatta
  • Suardi Lasibani Universitas Bung Hatta
  • Bukhari Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kajian, konstruksi, kapal, bagan, Sungai Pisang

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada bulan januari 2021, Dengan tujuan untuk mengkaji kontruksi kapal perikanan bagan di Sungai Pisang Kelurahan Teluk Kabung Selatan Kota Padang, Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus, yaitu dengan melakukan penelitian langsung kapal yang sedang dan sudah dibangun lapangan. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Ukuran utama kapal bagan yang telah diteliti mempunyai panjang total (LOA) 19,90 meter, panjang antara garis tegak haluan dan buritan (LBP) 16,00 meter, panjang geladak (LR) 17,00 meter, panjang garis air muat sarat (LWL) 16,40 meter, lebar total kapal (BOA) 4,38 meter, lebar tercatat (BR) 4,30 meter, dalam kapal (D) 1,20 meter dan tinggi garis air muat sarat (d) 0,79 meter. Bagian ukuran konstruksi kapal bagan meliputi lunas luar, lunas dalam, linggi haluan luar, linggi haluan dalam, siku linggi haluan, linggi belakang, balok mati, linggi buritan, transom, wrang (floor), dan gading-gading dengan jarak 440 mm, yang berjumlah 33 pasang, bagian deck, bagian bilga, galar balok, galar bilga, galar tambahan, pondasi mesin, papan lambung, balok geladak, papan geladak, pisang-pisang (fender), serta dibagian konstruksi rangka anjungan balok penyokong utama, balok penyokong tambahan, dinding anjungan dan lantai anjungan. Konstruksi jenis kayu yang digunakan kapal bagan adalah jenis Rasak (Vatica Spp), kayu Laban (Vitex Pubesceus Vahl), dan jenis kayu Meranti Merah (Shoera Acumirata Dyer). Bahan baku kayu pada umumnya diperoleh dari daerah sekitar.

References

(1).Lasibani, S.M., 2011. Bahan Ajar Rancangan Bangun Kapal Perikanan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Bung Hatta Padang.

(2) Suamali, D. P., dan Jonny., 2012 Analysis Constructiona Long Line 5 GT In Constryside Bay Of Pambang Sub-Province Bengkalis. Prov Riau. Jurnal. Faculty Fisher and Marier.University Riau. Riau.

(3) [DKP] Dinas Kelautan dan Perikanan

Provinsi Sumatera Barat

Tahun 2012.

Downloads

Published

2021-04-01