KAJIAN KONDISI TUTUPAN KARANG DI PERAIRAN PULAU PAGANG KAWASAN MANDEH KABUPATEN PESISIR SELATAN

Authors

  • Notiara Fika Universitas Bung Hatta
  • Suparno Universitas Bung Hatta

Keywords:

Pulau, Pagang, persen, tutupan, karang

Abstract

Pulau pagang adalah pulau di Kawasan Mandeh yang mempunyai potensi wisata bahari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas air dan kondisi tutupan terumbu karang di Pulau Pagang Kawasan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu penjelasan secara sistematis, faktual dan akurat yang didapatkan di lapangan, pengambilan data menggunakan metode UPT (Underwater Photograph Transect). Hasil penelitian menunjukkan pengukuran kualitas air Pulau Pagang seperti suhu, pH, kecerahan dan salinitas sangat mendukung pertumbuhan karang. Rata-rata persen tutupan terumbu karang di Pulau Pagang sebesar 3,40% (Buruk), stasiun I 4,13% (buruk), stasiun II 6,20% (buruk), stasiun III 1,20% (buruk), stasiun IV 2,07% (buruk) dan karang yag mendominasi adalah Coral Massive

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pesisir Selatan, 2019. Kecamatan koto XI Tarusan dalam angka.

Giyanto., B, H, Iskandar, D. Soedharma dan Suharsono. 2010. Effisiensi dan akurasi pada proses analisis foto bawah air untuk menilai kondisi terumbu karang. Oseanologi dan Limnologi di Indonesia 36(1): 111-130.

Hukubun R. D. 2020. Kondisi Terumbu Karang Di Perairan Pesisir Desa Amahusu (Batu Capeu) Kota Ambon. Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan Papua. Juli 2020. Vol. 3. No. 1. Hal : 16-19.

Isdianto, A., Luthfi, O. M., Irsyad, M. J., Haykal, M. F., Asyari, I. M., Adibah, F., Supriyadi. 2020. Identifikasi Life Form dan Persentase Tutupan Terumbu Karang untuk Mendukung Ketahanan Ekosistem Pantai Tiga Warna. Jurnal Riset dan Konseptual. Vol. 5 No. 4, Hal. 808-818.

Suparno., Efendi, Y., Arlius. 2019. Monitoring Kesehatan Terumbu Karang Dan Ekosistem Terkait Di Taman Wisata Perairan (TWP) Selat Bunga Laut Kabupaten Kepulauan Mentawai Coremap CTI Tahun 2019. Diterbitkan LPPM Universitas Bung Hatta.

Downloads

Published

2021-04-08