ANALISIS KESESUAIAN LAHAN DAN DAYA DUKUNG WISATA DI PANTAI UJUNG KAPURI, KECAMATAN BUNGUS TELUK KABUNG, KOTA PADANG

Authors

  • Febrizal Hermanda Universitas Bung Hatta
  • Arlius Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kesesuaian Lahan, Daya Dukung Wisata

Abstract

Pantai Ujung Kapuri Kecamatan Bungus Kota Padang memiliki prospek wisata yang baik dengan pasir putih, air lautnya bersih dan beranekaragaman ikan hias. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa kesesuain lahan dan daya dukung wisata pantai. Penelitian dilaksanakan bulan April 2021 dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan membagi 3 stasiun lokasi penelitian. Setelah data dikumpulkan maka dilakukan analisis kesesuaian lahan dan daya dukung kawasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks kesesuaian lahan sebagai tempat wisata pantai adalah sesuai (S2) dengan nilai 75,87 % dan dapat menampung pengunjung maksimal sebanyak 18 pengunjung/hari dengan total panjang area pasir putih berkarang 450 m.

References

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, (2015). Pariwisata Kota Padang Dalam Angka

Arlius., Bulanin, U., Mayasari, L., 2017. Kajian Kesesuaian Lahan Wisata Pantai di Pulau Angso Duo Kota Pariaman, Sumatera Barat. Prosiding Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan III. Universitas Trunojoyo Madura, Madura.

. Yulianda, F, 2010. Ekowisata Perairan suatu konsep kesesuaian daya dan dukung wisata bahari dan air tawar. IPB Press, Bogor.

. Rajab , M.A., Fahruddin, A, dan Setyobudiandi, I. 2013. Daya Dukung Perairan Pulau Liukang Loe untuk Aktifitas Bahari. Depik, 2 (3) : 114-125.

. ¬¬¬Wunani, D., Nursinar, S., dan Kasim, F. 2013. Kesesuaian Lahan dan Daya Dukung Kawasan Wisata Pantai Botutonuo, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, 1 (2) :25-33

Downloads

Published

2021-08-23