KARAKTERISTIK MORFOMETRIK DAN MERISTIK BELUT GOBY (Odontamblyopus rebecca) DIWILAYAH PERAIRAN PASIR PUTIH KOTA PADANG DAN MUARA ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Authors

  • Nofrika Ilza Fandra Universitas Bung Hatta
  • Azrita . Universitas Bung Hatta

Keywords:

Belut goby, Morfoetrik, Meristik, Muaro Anai, Pasir Putih

Abstract

Belut Goby (Odontamblyopus rebecca) adalah spesies belut Goby asli ke laut dan perairan payau dari Negara Vietnam. Spesies ini dapat mencapai panjang 14,1 sentimeter atau 5,6 inchi[1]. Ikan gobi dari genus Odontamblyopus (Gobidae: Ambiyopinae) yang dalam bahasa daerah dinamai ikan Gobi Belut atau ikan Gobi Cacing. Melihat besarnya sumber daya belut goby (Odontamblyopus rebecca) di Sumatera Barat khususnya di Kota Padang yang belum termanfaatkan secara optimal dan informasi mengenai jenis tersebut masih kurang, maka dari itu diperlukan informasi tentang belut goby (Odontamblyopus rebecca) sebagai sumber daya perikanan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis “Karakteristik Morfometrik Dan Meristik Belut Goby (Odontamblyopus rebecca) diperairan Pasir Putih dan Muara Anai Kabupaten Padang Pariaman”. Metode yamg digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dimana Metode pengambilan sampel dilakukan secara sengaja ( Purposive sampling ). Berdasarkan Hasil penelitian pengukuran karakter morfologi belut goby di perairan Muaro anai dan Pasir putih yang dilakukan diperoleh hasil bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua lokasi. Perhitungan karakter meristik berupa jari jari sirip dorsal, jari-jari sirip anal, jari-jari sirip ventral, jari-jari sirip pectoral dan jari-jari sirip caudal belut goby yang terdapat di dua lokasi Muaro anai dan Pasir putih relatif sama dimana pada jari-jari sirip D yang terkecil yaitu 24 dan yang tetinggi 45, jari-jari sirip A yang terkecil 17 dan yang tertinggi 26, jari-jari sirip V yang terkecil 7 dan tertinggi 14, jari-jari sirip P yang terkecil 10 dan yang tertinggi 18 dan jari-jari sirip C yang terkecil 9 dan yang tertinggi yaitu 18

References

Murdy, O. E. dan K. Shibukawa. 2003.

Odontamblvopus rebecca, a New Species of Amblyopine Goby from Vietnam with a Key to Known Species of the Genus (Gobiidae: Amblyopinae). Zootaxa, 138: 1-6.

Sukiya. 2003. Biologi Vertebrata. Yogyakarta:

Biologi FMIPA UNY.

Murdy, O. E. dan K. Shibukawa. 2003.

Odontamblvopus rebecca, a New Species of Amblyopine Goby from Vietnam with a Key to Known Species of the Genus (Gobiidae: Amblyopinae). Zootaxa, 138: 1-6.

Murdy O. E. dan K. Shibukawa. 2001. A revision

of the gobioid fish genus Odontamblvopus (Gobiidae: mblyopinae). Ichthyological Research 48: 31-43.

Suryana ,IG., Mahrus., Karna. 2016. Studi karakteristik

Morfometrik Ikan julung-julung ( Hemiramphus Archipelagicus) di daerah Interidal Teluk Ekas. Jurnal Biologi Tropis. Universitas Mataram .16(2)

Downloads

Published

2022-03-16