PENGARUH PEMBERIAN LARUTAN MIKRO ORGANISME LOKAL(MOL)DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP KEPADATAN POPULASI Daphnia magna

Authors

  • Alvin Arief Augusviandri Universitas Bung Hatta
  • Lisa Deswati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Daphnia magna, Mikroorganisme local, Fermentasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan Mengetahui pertumbuhan populasi Daphnia magna dengan dosis mikroorganisme lokal (MOL) yang berbeda selama penelitian dan untuk Mengetahui pengaruh pemberian dosis mol yang berbeda terhadap kepadatan populasi Daphnia magna pada puncak populasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2021 di Laboratorium Terpadu (Riset, Pratikum dan Pelatihan) Prodi Budidaya Perairan Fakultas Perikanan. Metoda penelitian yang dilakukan adalah metoda eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 4 perlakuan dan 3 ulangan yaitu perlakuan A Tanpa Perlakuan (Kontrol), B (dosis Mol 1 ml/L), C (dosis Mol 2 ml/L) dan D (dosis Mol 3 ml/L. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata kepadatan populasi Daphnia magna yang tertinggi yaitu adalah perlakuan B (1477,77).

References

Bogut I., Adamek Z., Puskadija Z., Galovic D. dan Badakos D. 2010. Nutritional Value Of Planktonic Cladoceran Daphnia Magna For Common Carp (Cyprinus carpio) fry feeding. Ribastvo. 68(1):1-10.

Kusnadi, et al. 2003. Mikrobiologi. JICA. Malang.

Supari, Hendry, H.H.S. 2012. Dampak Pemberian Larutan Mikro Organisme Lokal (MOL) dan Asap Cair (Liquid Smoke) Pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi (Oryza Sativa. L). Fakultas Pertanian, Universitas Muria

Sulasingkin, D. 2003. Pengaruh Konsentrasi Ragi yang Berbeda terhadap Pertumbuhan Populasi Daphnia sp. [Skripsi]. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor, Bogor, 41 hlmKudus.

Downloads

Published

2022-03-18