ANALISIS POLA PEMASARAN IKAN TUNA YANG DIDARATKAN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA BUNGUS

Authors

  • Elsa Suryani Universitas Bung Hatta
  • Suparno Universitas Bung Hatta
  • Junaidi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Pola Pemasaran, Tuna, Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus

Abstract

Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus merupakan pelabuhan yang mempunyai akses langsung dengan perairan Samudera Hindia. Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus (PPSB) memiliki potensi sumberdaya yang besar. Produktivitas komoditas utama penghasil ikan tuna terbesar di Pulau Sumatera. Ikan tuna merupakan komoditi perikanan yang sangat potensial dan bernilai ekonomis tinggi, dan pemenuhan kebutuhan protein tinggi khususnya bagi pasar luar negeri (ekspor). Tujuan penelitian ini adalah menganalisi tentang pola pemasaran hasil tangkapan ikan tuna yang didaratkan di PPS Bungus Sumatera Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan tiga pola pemasaran ikan tuna yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus (PPSB). Pola pemasaran pertama dari produsen langsung ke industri, pola pemasaran kedua dari produsen langsung ke eksportir dan pola pemasaran

References

Putri, G., Brown, A., dan Bustari. 2016. Catch and Composition of Tuna Longline Landed on Bungus Fishing Port. University of Riau.

Ikhsan, S. A. 2017. Pengembangan Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus Padang sebagai Pusat Pendaratan Ikan Tuna di Perairan Sumatera Bagian Barat. Bogor ; Universitas Institut Bogor.

Junaidi. 2012. Proseding Semi Intenational. Marine Product processing industries of West Sumatera. Universitas Bung Hatta.

Yapanto, L.M. Salam, A., Hamzah, Y. Z. 2016. Analisis Saluran Pemasaran dan Margin Pemasaran Ikan Tuna di Kota Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo.

Sumadhiharga, O. K. 2009. Ikan Tuna. Pusat Penelitian Oceanografi. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Jakarta.

Jati, P. L., dan Fitrisia, A. 2019. Kinerja Operasional PPS Bungus: Kunjungan Kapal dan Produksi Ikan Tahun 2001-2017. Universitas Negeri Padang. Jurnal TINGKAP, Vol. 12(1): 1-142. ISSN: 1410-7481.

Wudji, A., Suwarso, S. 2016. Fluktuasi dan Komposisi Hasil Tangkapan Tuna Neritik Tertangkap Jaring Insang di Perairan Laut Cina Selatan. Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia, 20(4), 207-214.

Downloads

Published

2022-08-07