PENGELOLAAN LUBUK LARANGAN KAMPUNG SURAU BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI BATANG PANGIAN KABUPATEN DHARMASRAYA

Authors

  • Robianto Universitas Bung Hatta
  • Hafrijal Syandri Universitas Bung Hatta
  • Azrita Universitas Bung Hatta

Keywords:

Lubuk Larangan, Kearifan Lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang pengelolaan lubuk larangan Kampung Surau di Nagari Gunung Selasih, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya. Metode penelitian ini adalah kualitatif dimana data primer dikumpulkan melalui wawancara dan data sekunder didapat melalui instansi terkait. Pelestarian Daerah Aliran Sungai di daerah ini menggunakan konsep kearifan lokal berupa lubuk larangan yang diperkuat secara hukum dan perundang-undangan yang berlaku serta dilengkapi aturan adat yang dituangkan secara tertulis pada aturan nagari. Pengelolaan melalui musyawarah dengan tahapan a) Pembukaan lubuk larangan (pembacaan Surat Yasin/Doa dan penebaran benih ikan), b) Pengelolaan lubuk larangan (pengaturan dan pembatasan zona, penerapan aturan, sangsi, waktu panen, pengawasan oleh Pokmaswas). Manfaat dari lubuk larangan ini yaitu pelestarian sumberdaya berkelanjutan, meningkatkan ekonomi masyarakat, pembangunan nagari.

References

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi., 2016. Nota Kesepakatan Antara Lubuk Larangan Kampung Surau Bersih Dan Ekonomis Dengan Lubuk Larangan Sumua Nan Janiah Lubuk Karak. Replikasi Inovasi Lubuk Laragan Kampung Surau Brsih Dan Ekonomis

Parwati, A., Purnaweni, H & Anggoro, D. D., 2012. Nilai Pelestraian lingkungan dalam kearifan lokal lubuk larangan Ngalau Agung di Kampung Surau Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan 11 September 2012. 98–103.

Syandri, H., Azrita, A. & Juanidi.,2014. State of Aquatic Resources Maninjau Lake West Sumatra Province, Indonesia. Journal of Ecology and Environmental Sciences,5(1), 109-113.

Hertati, R., 2021. Tingkat Partisipasi Masyarakat Tehadap Pengelolaan Lubuk Larangan Di Sungai Batang Tebo Kabupaten Bungo Propinsi Jambi. Jurnal Inovasi Peneitian, 2(5), 1585-1588

Downloads

Published

2022-08-08