ANALISIS POLA PEMASARAN LOBSTER YANG DIPERDAGANGKAN DI KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT

Authors

  • Sri Novivi Lestari Universitas Bung Hatta
  • Suparno Universitas Bung Hatta
  • Junaidi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Pola Pemasaran, Lobster, Kota Padang

Abstract

Lobster merupakan salah satu komunitas perikanan yang sangat pontensial dan bernilai ekonomis tinggi, diminati oleh pasar lokal maupun pasar luar negeri. Pemenuhan yang tinggi tersebut mendorong peningkatan upaya penangkapan lobster dari alam. Tujuan penelitian ini adalah sebagai informasi pola pemasaran dalam mengurangi dan menghindari dari kerusakan stok lobster di alam dengan mengkaji sumberdaya lobster saat ini yang di perdagangkan di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan dua pola pemasaran lobster di Kota Padang, pola pertama dari produsen (nelayan) ke agen selanjutnya ke pengencer dan ke konsumen. Pola kedua dari produsen (nelayan) ke agen, dari agen ke pedangang pengumpul ke eksportir selanjutnya ke pengencer dan ke konsumen. Pola pemasaran lobster yang diperdagangkan di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat efisien dan tidak menyalahi aturan sebagaimana amanat dari Permen KP Nomor 17 tahun 2021 tentang pengelolaan Lobster (Panulirus spp), Kepiting (Scylla spp),dan Rajungan (Portunus spp) di wilayah pengelolaan perikanan Negara Republik Indonesia.

References

Boesono, H., Anggoro, S., dan Bambang, A. N. 2011. Laju Tangkap dan Analisis Usaha Penangkapan Lobster (Panulirus sp.) dengan Jaring Lobster (Gillnet Monofilament) di Perairan Kabupaten Kebumen. Universitas Diponegoro. Jurnal Saintek Perikanan, Vol. 7(1): 77-87

Hardi, S., Budiyanto, dan Siang, R. D. 2016. Analisis Keuntungan dan Strategi Pengembangan Usaha Lobster (Panulirus spp.) pada CV. Sea Queen Kota Kendari. Universitas Halu Oleo. Jurnal Bisnis Perikanan FPIK UHO, Vol. 4(1). ISSN: 2355-6617.

Hilal, K. 2016. Kepentingan Indonesia Melarang Ekspor Benih Lobster kr Vietnam Tahun 2015. Universitas Riau. Jurnal JOM Fisip, Vol. 3(2).

Irfannur., Wahju, R. I., dan Riyanto, M. 2017. Komposisi Hasil Tangkapan dan Ukuran Lobster dengan Jaring Insang di Perairan Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Albacore, Vol. 1(2): 211-223. ISSN: 2549-1326.

Kadafi, M., Widaningroem, R., dan Soeparno. 2006. Aspek Biologi dan Potensi Lestari Sumberdaya Lobster (Panulirus spp.) di Perairan Pantai Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Jurnal Perikanan, Vol. 8(1): 108-117. ISSN: 0853-6384.

Downloads

Published

2022-08-08