IDENTIFIKASI PROPAGUL DI VEGETASI MANGROVE KAWASAN MANDEH KABUPATEN PESISIR SELATAN

Authors

  • Muhammad Dafikri Universitas Bung Hatta
  • Eni Kamal Universitas Bung Hatta
  • Harfiandri Damanhuri Universitas Bung Hatta

Keywords:

Ekosistem Mangrove, Identifikasi, Propagul, Kawasan Mandeh

Abstract

Propagul adalah buah mangrove yang dihasilkan tanaman mangrove melalui proses reproduksi, dimulai dari pembungaan, penyerbukan hingga menjadi buah yang biasa disebut dengan propagul. Jenis dan bentuk propagul berbeda-beda sesuai dengan jenis tanaman mangrove, hal ini menjadikan penciri mangrove dapat dikenali dan ditandai dengan mudah melalui perbedaan buah (propagule) mangrove. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis propagul yang terdapat di vegetasi mangrove Kawasan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan. Metode penelitian digunakan adalah metode deskrpitif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Vegetasi mangrove yang terdapat di Kawasan Mandeh terdiri dari propagul mangrove jenis Nypa fruticans, Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata, Rhizophora sylosa, Sonneratia alba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 3 individu jenis Nypa fruticans, 33 individu jenis Rhizophora apiculata, 33 individu jenis Rhizophora mucronata, 71 individu jenis Rhizophora sylosa dan 23 individu jenis Sonneratia alba.

References

M. Dafikri, Yunasfi, and Z. A. Harahap. 2016 . Analisis Vegetasi Dan Pola Sebaran Salinitas Di Ekosistem Mangrove Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara,”.

S. M. Lasibani and E. Kamal. 2010. Pola Penyebaran Pertumbuhan ‘Propagul’ Mangrove Rhozophoraceae di Kawasan Pesisir Sumatra Barat,” J. Mangrove dan Pesisir, vol. 10, no. 1, pp. 33–38.

E. Kamal. 2012 . Fenologi Mangrove (Rhizophora apiculata, R. mucronata dan R.stylosa) di Pulau Unggas, Air Bangis Pasaman Barat, Sumatera Barat,” J. Natur Indones., vol. 14, no. 1, p. 90, doi: 10.31258/jnat.14.1.90-94.

M. F. Talib. 2008. Struktur dan Pola Zonasi (Sebaran) Mangrove Serta Makrozoobenthos yang Berkoeksistensi,” Di Desa Tanah Merah dan Oebelo Kecil Kabupaten Kupang [Skripsi] Inst. Pertan. Bogor (IPB), Fak. Perikan. dan Ilmu Kelaut.

Downloads

Published

2022-08-09