ANALISIS KESESUAIAN LAHAN WISATA DI PANTAI PASIR JAMBAK, KELURAHAN PASIE NAN TIGO, KECAMATAN KOTO TANGAH, KOTA PADANG

Authors

  • Fitriyani . Universitas Bung Hatta
  • Arlius . Universitas Bung Hatta

Keywords:

Analisis Kesesuaian Lahan Wisata; Parameter Fisika dan Kimia; Indeks IKW

Abstract

Analisa kesesuaian lahan merupakan salah satu upaya untuk keberlanjutan potensi kawasan wisata pantai. Penelitian ini dilaksanakan pada 12 April 2023 pengambilan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, dan survei langsung dengan pengukuran dan pengamatan di Pantai Pasir Jambak, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Sedangkan data dianalisis secara deskriptif. Data yang telah dikumpulkan berikutnya di analisa dan diolah, selanjutnya disajikan dalam bentuk tabel. Kesesuaian lahan wisata Pantai Pasir Jambak didapat rata-rata Indeks Kesesuaian Wisata sebesar 74,32 %. Pantai Pasir Jambak dikategorikan sesuai (S2). Nilai kesesuaian dari hasil penelitian pada 3 stasiun dapat di kategorikan sesuai (S2) untuk dijadikan wisata pantai.

References

Limbong, A.R., J.D. Kalor, dan Hamuna, B. 2019. Analisis Kesesuaian dan Daya Dukung Kawasan Wisata Pantai Hamadi Kota Jayapura. Jurnal Ilmu Kelautan Dan Perikanan Papua, 2(2), 63–69. Sengupta, C dan S. Rio. 2013. Understanding Coliforms. International Journal of Advanced Research.

Yulianda, F. 2007. Ekowisata Bahari Sebagai Alternatif Pemanfaatan Sumberdaya Pesisir Berbasis Konservasi. Makalah Disampaikan dalam Seminar Sains Pada Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan. Institut Pertanian Bogor.

Suparno, Arlius, Efriyeldi, dan A. Putra.2002. Marine Spatial Allocations of The Coastal and Small Islands Zoning Plan In West Sumatera Province. Sumatra Journal of Geography and Geography Education. 6(2):22-30.

Arlius., Bulanin, U., Mayasari, L., 2017. Kajian Kesesuaian Lahan Wisata Pantai Di Pulau Angso Duo Kota Pariaman, Sumatera Barat. Prosiding Seminar Nasional Peikanan dan Kelautan III. Universitas Trunojoyo Madura, Madura.

Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 51 Tahun 2004 Tentang Baku Mutu Air Laut (Biota Laut). Jakarta.

Suparno,Deswati, dan H. Pardi.2023. Water quality for grouper farming in mandeh bay waters, Pesisir Selatan, Indonesia. AACL Bioflux. 16(2):1156=1165.

Downloads

Published

2023-08-17