PROFIL PEMBUDIDAYA PEMBESARAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI KECAMATAN PAUH KOTA PADANG

Authors

  • Rani Sriwanni Bintang Universitas Bung Hatta
  • Abdullah Munzir Universitas Bung Hatta

Keywords:

Budidaya ikan nila, profil pembudidaya

Abstract

Budidaya ikan nila merupakan salah satu kegiatan usaha ekonomi yang potensial memberi pendapatan kepada rumah tangga, Karena jenis ikan air tawar ini diminati masyarakat konsumen secara luas di Indonesia sebagaimana juga di Sumatera Barat terutama di Kota Padang. Oleh karena itu pengembangan usaha budidaya ini sangat penting perannya dalam peningkatan perekonomian sekaligus penyediaan protein bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan mempelajari profil pembudidaya pembesaran ikan nila di Kecamatan Pauh, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Penelitian menggunakan metoda survei terhadap 36 responden yang ditentukan secara semi purposive dari populasi sebesar 180 pembudidaya yang terdistribusi pada 16 kelompok. Analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Profil pembudidaya memperlihatkan bahwa kualitas sumberdaya manusia sangat mendukung untuk pengembangan budidaya ikan nila di Kota Padang

References

Bungin, B. 2005. Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Setiawan, S. A. 2010. Pengaruh Umur, Pendidikan, Pendapatan, Pengalaman Kerja Dan Jenis Kelamin Terhadap Lama Mencari Kerja Bagi Tenaga Kerja Terdidik Di Kota Magelang. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Dipenogoro. Semarang.

Putra, D. P., Baskoro, M. S., Wiyono, E. S., Wisudo,S. H dan Wudianto. (2014). Peran stakeholder dalam pengelolaan perikanan udang skala kecil di Kabupaten Cilacap, Propinsi Jawa Tengah. Jurnal Lit. Perikan. Ind.,20(3), 161-168.

Sari, I. P., Yulisman, & Muslim. (2017). Laju Pertumbuhan dan Efisiensi Pakan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) yang dipelihara dalam Kolam Terpal yang dipuasakan Secara Periodik. Akuakultur Rawa Indonesia, Vol 5(1), 45-55. Doi: 10.36706/jari.v5i1.5807.

Munzir, A. dan I. Khaidir. 2017.The Sustainability Of Catfish Aquaculture In Coastal Suburb Of Padang, Indonesia. International Journal of Real Estate Studies, Volume 11 Number 1, 2017

Downloads

Published

2023-08-29