PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG KEONG MAS (Pomacea canaliculata) SEBAGAI PAKAN TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN LELE MUTIARA (Clarias gariepinus)

Authors

  • Darlin Putra Gulo Universitas Bung Hatta
  • Elfrida . Universitas Bung Hatta

Keywords:

kelangsungan hidup, panjang, berat, kualitas air

Abstract

Ikan lele mutiara dapat tumbuh dengan cepat, sehingga berpotensi untuk dikembangkan dalam budidaya. Manajemen pemberian pakan merupakan faktor utama yang paling penting untuk menciptakan keberhasilan dalam suatu budidaya ikan. Salah satu bahan pakan yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai sumber protein hewani untuk ikan lele mutiara adalah keong mas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung keong mas (Pomacea canaliculata) sebagai pakan terhadap kelangsungan hidup ikan lele mutiara (Clarias gariepinus). Metode eksperimen dan RAL dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan : Perlakuan A (58 gram), Perlakuan B (59 gram), Perlakuan C (60 gram) dan Perlakuan D (61 gram). Dari hasil penelitian didapatkan untuk kelangsungan hidup, panjang mutlak dan berat mutlak antara perlakuan berbeda nyata dimana perlakuan tertinggi terdapat pada perlakuan D (61 gram). Kualitas air diperoleh selama penelitian kisaran suhu 30-31 °C, DO 5,0-5,7 ppm dan pH 6,5-7,7 ppm

References

Kalor, D.J dan Yunus, P.P, 2017. Pembuatan Pakan Ikan Berbahan Baku Lokal dari Tepung Ikan Red Devil Danau Sentani di Jayapura.

Rukmana dan Rahmat. 2003. Budidaya dan Pasca Panen Lele Dumbo. Agromedia. Jakarta.

Kordi, K. M. G. H. 2009. Budidaya Perairan. Citra Ditya Bakti.Bandung.

Suleman, F., Hasim dan Tuiyo, R. 2016. Pengaruh Pemberian Tepung Keong Mas Terhadap Pertumbuhan Dan Sintasan Benih Ikan Patin Siam. Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan 4(4), 113-119.

Arif M., Triasih I., dan Lokapirnasari W. P. 2009. Pengaruh Pemberian Pakan Alami Dan Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan Benih Ikan Betutu. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan.1(1), 51-57.

Cahyono, B. 2009. Budidaya lele dan Betutu (ikan langka bernilai tinggi). Pustaka Mina. Jakarta.

Downloads

Published

2023-08-30