PENGARUH PEMBERIAN PAKAN SEGAR TERHADAP PERTUMBUHAN LOBSTER PASIR (Panulirus homarus) DI UPTD BPBALP SUNGAI NIPAH

Authors

  • Khafifah Indragiri Universitas Bung Hatta
  • Muhammad Amri Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kelangsungan hidup, berat, panjang

Abstract

Jenis lobster yang terkenal di NTB adalah lobster pasir (Panulirus homarus), karena prospek budidaya lobster pasir cukup menjanjikan secara ekonomi. Saat ini ikan segar menjadi makanan lobster. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan segar terhadap pertumbuhan lobster Pasir (panulirus homarus). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) menggunakan 3 perlakuan dan 3 kali ulangan. Adapun perlakuan yang diuji pada penelitian ini sebagai berikut : Perlakuan A (Pemberian pakan lobster dengan ikan rucah), Perlakuan B (Pemberikan pakan lobster dengan kerang) dan Perlakuan C (Pemberian pakan lobster dengan campuran kerang dan ikan rucah). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa perlakuan yang terbaik adalah perlakuan B dengan pemberian pakan kerang. Pemberian pakan kerang pada lobster pasir (panulirus homarus) diperoleh rata – rata SR (100%), nilai FCR (0.04±0.23%), berat mutlak (5.67±4.16 gr) dan pertambahan panjang mutlak (0.90±0.096 cm).

References

Suriadi, L., Yusnaini., & Kurnia, A. (2016). Pengaruh Jenis Pakan Segar terhadap Pertumbuhan Biomassa Calon Induk Lobster Batik (Panulirus Longipes). [Skripsi]. Sulawesi Tenggara. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Halu Oleo.

Yulihartini, W., Rusliadi & Hamdan, A. (2016). Pengaruh Penambahan Calsium Hidrosida Ca (OH)2 Terhadap Moulting, Pertumbuhan dan Kelulushidupan Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei). [Skripsi]. Riau. Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau

Downloads

Published

2023-08-30