PREVALENSI, INTENSITAS DAN DOMINASI EKTOPARASIT UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) PADA TAMBAK UDANG DI NAGARI MANGGOPOH, KECAMATAN ULAKAN TAPAKIS, KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Authors

  • Oktarina . Universitas Bung Hatta
  • Nawir Muhar Universitas Bung Hatta

Keywords:

udang vaname, prevalensi, intensitas, ektoparasit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, intensitas, prevalensi dan dominasi parasit udang Vaname (Litopnaeus vannamei) di tambak udang di Nagari Manggopoh, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan mengidentifikasi stasiun pengambilan sampel dengan cara purposive sampling dan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya ektoparasit jenis protozoa yaitu : Epistylis sp., Zootamnium sp. dan Vorticella sp. Prevalensi dan intensitas tebaik Stasiun III yaitu 60% dan 2,7 ind/ekor (rendah), diikuti stasiun I, yaitu 80% dan 21 ind/ekor (sedang), dan diikuti stasiun III, yaitu 100% dam 69 ind/ekor (parah) dengan dominasi Epistylis sp. untuk hasil pengukuran kualitas air pada ketiga stasiun tidak melebihi ambang batas kecuali stasiun II untuk pengukuran pH dan pengukuran amonia pada stasiun II dan III melebihi baku mutu.

References

Muberuroh D R, Munir M & Maisaroh D S. (2022). Prevalensi Dan Intensitas Ektoparasit Pada Benur Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) Di Kolam Pembenihan Skala Rumah Tangga Di Kabupaten Jepara.Techni-Fish,6(1).

Rosnizar, Mulyono. A, Agustina. M, Yuliadi & Muhidi. (2009). Identifikasi Dan Prevalensi Jenis-Jenis Ektoparasit Pada Udang Windu (Panaeus monodon) Berdasarkan Tempat Pemeliharaan. Jurnal Bioleuser, 2(1)..

Handayani E H. (2015). Parasit Biota Akuatik. Mulawarman University Press. Samarinda.

Downloads

Published

2023-09-04