BIOEKOLOGI CETACEA DI KAWASAN KONSERVASI PULAU PIEH DAN LAUT SEKITARNYA PROVINSI SUMATERA BARAT

Authors

  • Nadia Amalina Daniel Universitas Bung Hatta
  • Harfiandri Damanhuri Universitas Bung Hatta
  • Danielle Kreb Universitas Bung Hatta

Keywords:

Cetacea, Sebaran, Tingkah Laku, Kawasan Konservasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji potensi cetacea dalam kawasan meliputi jenis, frekuensi kemunculan, sebaran, dan tingkah laku cetacea. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode pengamatan di atas kapal, menjelajah sepanjang jalur line transect pengamatan. Teridentifikasi 8 jenis cetacea yang terdiri dari lumba-lumba dan paus. Frekuensi kemunculan cetacea tertinggi adalah spesies Stenella longirostris (58,67%) dan terendah adalah Lagenodelphis hosei dan Peponocephala electra (1,33%). Sebaran cetacea terlihat di perairan sekitar 4 pulau dalam kawasan dengan sebaran suhu pada kisaran 28°C – 31,75°C dan sebaran kedalaman antara 5 m – 360 m. Tingkah laku cetacea yang teridentifikasi antara lain bow riding, aerials, lobtailing, feeding, avoidance, travelling dan milling.

References

Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru. 2020. Laporan Monitoring Cetacean di Taman Wisata Perairan (TWP) Pulau Pieh dan Laut di Sekitarnya Tahun 2021. Pekanbaru.

Carwadine. M. 1995. Eye Witness Handbook: Whales, dolphins and porpoises. The visual guide to all world”s cetaceans. Dorling Kindersley Ltd. New York, NY

Downloads

Published

2024-03-19