KARAKTER MORFOMETRIK PENYU HIJAU (Chelonia mydas) YANG MENDARAT DI PULAU PANDAN TWP PULAU PIEH DAN LAUT SEKITARNYA KECAMATAN PADANG UTARA BARAT

Authors

  • Vito Saputra Universitas Bung Hatta
  • Harfiandri Damanhuri Universitas Bung Hatta

Keywords:

Karakter ; Morfometrik ; Penyu Hijau

Abstract

Penyu hijau (Chelonia mydas). dapat di jumpai di perairan laut Pulau Pandan, TWP Pulau Pieh dan Laut Sekitarnya. Pulau Pandan adalah sebuah pulau yang secara administrasi masuk dalam Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, dengan posisi geografis pulau terletak pada koordinat 00°56'58" LS dan 100°08'23" BT. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2024 dengan tujuan mengetahui karakter morfometri penyu hijau. Penelitian ini menggunakan metode survei lapangan dan pengolahan data menggunakan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil identifikasi ditemukan bahwa ukuran penyu yang bertelur di Pulau Pandan TWP Pulau Pieh tergolong penyu dewasa, karena memiliki dengan ukuran panjang Kerapas ; 103 cm, Lebar Kerapas ; 86 cm, Flipper Depan ; 46 cm, dan Flipper Belakang ; 34 cm.

References

Madduppa, H., Subhan, B., Anggraini, N. P., Fadillah, R., & Tarman, K. (2017). DNA barcoding reveals vulnerable and not evaluated species of sea cucumbers (Holothuroidea and Stichopodidae) from Kepulauan Seribu reefs, Indonesia. Biodiversitas Journal of Biological Diversity, 18(3) Putra, Bima Anggara. 2014. “Studi Karakteristik Biofisik Habitat Peneluran Penyu Hijau (Chelonia mydas) Di Pantai Paloh, Sambas, Kalimantan Barat.” Jurnal Of Marine Research. Volume 3, Nomor 3. Rohmah, Siti 2023. “Identifikasi Dan Studi Karakteristik Biofisik Habitat Peneluran Penyu (Cheloniidae) Di Jawa Barat.” Jurnal Marshela. Volume 1, Nomor 2. Semarariana, IWY., 2017. Periode Inkubasi, Sukses Menetas, dan Tingkat Kebugaran Tukik Penyu Hijau (Chelonia mydas) di Pantai Sukamade, Jawa Timur. Jurnal Fakultas Kedokteran Hewan. Universitas Udayana, Denpasar.

Downloads

Published

2024-09-04