ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PEMBENIHAN IKAN LELE (Clarias sp.) DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Authors

  • Monica Novela Universitas Bung Hatta
  • Abdullah Munzir Universitas Bung Hatta
  • Junaidi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Produktivitas, Pembenihan,Strategi Pengembangan, Ikan Lele

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi produktivitas usaha pembenihan ikan Lele (Clarias sp.) di Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Jenis data yang diambil ialah data primer dan data sekunder. Responden dalam penelitian ini ialah pelaku utama pembenihan ikan Lele di Nagari Lubuk Pandan, Kecamatan 2 X 11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman. Diperoleh hasil penelitian bahwa ini jumlah induk betina berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas usaha pembenihan ikan Lele di Kabupaten Padang Pariaman. Uji F (91.605 > 2,53.) sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen secara serentak mempengaruhi produktivitas secara signifikan Pariaman. Uji t menunjukkan bahwa variabel jumlah induk betina berpengaruh positif secara signifikan, sedangkan berat rata rata berpengaruh positif namun tidak secara signifikan, jumlah induk jantan,berat rata rata induk jantan, jumlah paka dan luas lahan berpengaruh negative yang tidak signifikan. Strategi pengembangan yang diperoleh dari strategi SWOT adalah strategi SO yaitu Memanfaatkan kekuatan untuk meraih peluang.

References

Rihi AP.2019. Pengaruh Pemberian Pakan Alami Dan Batuan Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus Burchell) Di Balai Sentral Noekele Kabupaten Kupang. Bioedu 4(2) : 56-62 .

Dewi R, Ratnasari YD, & Juldan LFM.2021 Pemanfaatan pangan lokal Lele untuk pembuatan Nugget, JAMU ; Jurnal Abdi Masyarakat UMUS 1(102): 10-16.

Singarimbun, M & Effendi, S. (2011). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3S.

Zulfanita., R. Eny, dan M.D.P. Utami. 2011. Pembatasan ransum berpengaruh terhadap pertambahan bobot badan ayam broiler pada periode pertumbuhan. MEDIAGRO. 7: 59-67.

Downloads

Published

2024-09-12