HUBUNGAN UKURAN DAN TKG IKAN BILIH (Mystacoleucus padangensis Bleeker) DENGAN BERBAGAI JENIS ALAT TANGKAP YANG DIGUNAKAN DI DANAU SINGKARAK

Authors

  • Misri . Yandi
  • . Bukhari
  • Mas Eriza

Abstract

Ikan  Bilih  (  Mystacoleucus  padangensis  Beelker.)  merupakan  ikan  endemik  dan berstatus langka. Fungsi ikan Bilih cukup besar bagi sosial-ekonomi masyarakat di sekitar danau Singkarak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ukuran dan TKG ikan Bilih  (Mystacoleucus  padangensis   Bleeker)  dengan  berbagai  jenis  alat  tangkap  yang digunakan di danau Singkarak, ini berkaitan dengan ketersedian serta produksi dari ikan tersebut. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pengambilan ikan secara acak (random). Pengolahan data menggunakan Microsoft Excel. Ukuran mesh size jaring insang yang digunakan 5/8” dan 3/4". Ukuran ikan yang tertangkap adalah : panjang 6,97 – 8,17 cm dan berat 3,04 – 5,21 gr.   Pola pertumbuhan jenis ikan   bersifat allometric negatif, terlihat nilai b yang lebih kecil dari 3 (b<3). Nilai  koefisien  korelasi  hubungan  panjang berat  (r)

berkisar antara  0,83 – 0,94 dan nilai koefisien determinasi (R2) berkisar diantara  70%- 90%.

Faktor kondisi antara 0,09 – 0,955. Mesh size 3/4" TKG IV ikan yang tertangkap sebanyak

50,83%. Ikan Bilih betina yang banyak tertangkap menggunakan alat tangkap jaring dengan mesh size 3/4” dan alahan (85,83% dan 53,40%).

 

 

Kata Kunci : Ikan Bilih, jaring insang, Tingkat Kematangan Gonad, pola pertumbuhan

Published

2015-02-20