STUDI SPESIFIKASI ALAT TANGKAP GILL NET DASAR DI KECAMATAN SIPORA UTARA KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

Authors

  • . . Parmen
  • Eni Kamal
  • . Yuspardianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesifikas alat tangkap gill net dasar, mengetahui metode penangkapan, daerah penangkapan, jenis ikan yang tertangkap.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pengamatan langsung ke lapangan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara mengamati satu alat tangkap gill net dasar dari antara alat tangkap gill net yang lain. Data primer diperoleh melalui hasil wawancara langsung dengan nelayan yang merupakan pemilik alat tangkap gill net dasar dengan menggunakan daftar kuisioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari kantor Dinas kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Mentawai, instansi yang terkait serta didukung oleh studi kepustakaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa spesifikasi alat tangkap gill net dasar dengan panjang jaring 52 meter dan ukuran mata 3" (inchi) kemudian dengan shortening 44,53 % serta dalam 3,75 meter dengan bahan monofilament berwarnah putih yang ada di Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai yang beroperasi pada pukul 17.00 – 18.00 WIB selama 3 kali penangkapan, daerah pengoperasiannya meliputi perairan Tuapejat dan lain-lain yang masih berada disekitar perairan kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Metode penangkapan adalah secara pasif yang dilakukan pada siang dan malam hari tanpa bantuan cahaya, yang menjadi tujuan penangkapan adalah ikan yang menghampiri dan terbelit pada jaring dan dengan cara melingkari tempat dimana ikan sedang berkumpul pada suatu perairan yang berbatu dan ikan yang menyambar dengan ditandai burung yang beterbangan.  Jenis ikan hasil tangkapan adalah ikan belanak (Mugil cephalus), ikan baronang (Siganus argenteus), ikan kuwe (Caranx melampygus), ikan kerapu (Cephalopholis argus), ikan biji nangka (Mulloidichthys pfluegeri), ikan omo (Kyphosus cinerascens), ikan kakap (Lutjanus gibbus).

 

Kata kunci : Gill Net Dasar, Spesifikasi, Sipora Utara, Mentawai.

Published

2015-03-10