GRANT OF SILK WORMS FEED (Tubifex sp) AND GOLDEN SNAIL (Pomacea canaliculata, L) ON GOING CONCERN AND GROWTH OF SEED GOLDFISH KOI (Cyprinus carpio, L)

Authors

  • . Aprizal
  • M. Amri
  • Dahnil Aswad

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pemberian pakan Cacing Sutra (Tubifex sp) dan Keong Mas (Pomacea canaliculata, L) terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan benih ikan Mas Koi (Cyprinus carpio, L). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – Mei 2015 di Laboratorium Terpadu, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta , Padang.

Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 3 perlakuan dan 4 kali ulangan. Perlakuan A (Pemberian Cacing Sutra (Tubifex sp), perlakuan B (Pemberian pakan Keong Mas (Pomacea canaliculata, L), dan perlakuan C (Pemberian Cacing Sutra (Tubifex sp) dan Keong Mas (Pomacea canaliculata, L). Dari hasil pengamatan didapatkan rata- rata tingkat kelangsungan hidup sama yaitu 100% setiap perlakuan.

Sedangkan rata-rata Pertumbuhan berat mutlak tertinggi diperlihatkan  pada perlakuan A ( 7,05 gr) yaitu pemberian pakan Cacing Sutra (Tubifex sp) dan diikuti perlakuan C (4,44 gr) yaitu pemberian pakan campuran antara Cacing Sutra (Tubifex, sp) dan Keong Mas (Pomacea canaliculata, L) dan yang terendah terdapat pada perlakuan B (3,19 gr) yaitu dengan pemberian pakan berupa Keong Mas (Pomacea canaliculata, L).

Rata-rata pertumbuhan panjang mutlak tertinggi terlihat pada perlakuan A (4,41 cm) yaitu pemberian pakan Cacing Sutra (Tubifex sp) , diikuti oleh perlakuan C (3,38 cm) yaitu pemberian pakan campuran antara Cacing Sutra (Tubifex, sp) dan Keong Mas (Pomacea canaliculata, L) dan yang terendah adalah perlakuan B (2,90 cm) yaitu dengan pemberian pakan berupa Keong Mas (Pomacea canaliculata, L).

Kata kunci :Ikan Mas koi, Pakan Alami, Kelangsungan Hidup, Pertumbuhan

Published

2015-06-26