POLA PEMASARAN IKAN LAUT SEGAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI IKAN MASYARAKAT DI KECAMATAN SIJUNJUNG KABUPATEN SIJUNJUNG PROPINSI SUMATERA BARAT

Authors

  • Yoandri Hardi
  • Alfian Zein
  • Hasan Basri Nasution

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September - Desember 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah, Analisis rantai pemasaran, dan Analis faktor-faktor mempengaruhi konsumsi, Pengambilan data primer, Dilakukan lansung terhadap pengumpul, pedagang,  pengecer dan konsumen. Data sekunder diambil dari Dinas Perikanan dan literatur pendukung lainnya, Ikan laut yang dominan dipasarkan di Pasar Sijunjung diantaranya adalah ikan Tongkol (Rp.29.000/kg), ANM (Rp 9000/kg), ikan Kakap Merah (Rp.41.000/kg), ANM (Rp11.000/kg), dan ikan Tenggiri (Rp.35.000/kg), ANM (Rp 5500/kg). Rantai pemasaran yang  ditemui, Pedagang besar à Pedagang pengecer à Konsumen. Margin pemasaran ikan Tongkol 35.73%, ikan Kakap Merah 30.86% dan ikan Tenggiri 26.41%. Berdasarkan analisis regresi berganda maka variabel (X1) Jumlah keluarga(α=0,00). dan (X2) Pendapatan keluarga (α=4,586). Berpengaruh sangat nyata terhadap konsumsi ikan rumah tangga.

.

 

Kata kunci : Pola dan Margin Pemasaran, Tingkat Konsumsi.

Downloads

Published

2013-03-22