PENGARUH PEMBERIAN PAKAN DENGAN BAHAN YANG DIFERMENTASI TERHADAP TAMPILAN REPRODUKSI DAN MUTU TELUR IKAN MAS KOKI (Carassius auratus. L )

Authors

  • Milla Wahyuni Hasra
  • Yuneidi Basri
  • . Elfrida

Abstract

Penelitian pengaruh pemberian pakan dengan bahan yang difermentasi tehadap tampilan reproduksi (Kecepatan Waktu Pencapaian Matang Gonad, IOS, Fekunditas) dan mutu telur ikan Mas Koki (Carassius auratus. L) dilakukan di Laboraturium Terpadu Fakultas Perikanan Dan Ilmu kelautan, Universitas Bung Hatta, Padang.

            Ikan uji yang digunakan adalah induk ikan Mas Koki yang telah dikosongkan gonadnya. Metoda yang digunakan adalah metode eksperimen dengan 2 perlakuan dan 10 ulangan yaitu A (pemberian pakan dengan bahan difermentasi) dan B (pemberian pakan dengan bahan tanpa fermentasi). Untuk mengetahui adanya perbedaan perlakuan dilakukan analisis Ragam dengan uji “t” berpasangan.

 Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan A berpengaruh nyata (P<0.05)terhadap kecepatan waktu pencapaian matang gonad (22,7 hari), indeks Ovi Somatik (IOS) (3,498%), fekunditas (545,08 butir), dan diameter telur (0,6082 mm).

Kata kunci: Mas Koki, Reproduksi, Pakan, Bioteknologi.

 

Downloads

Published

2013-03-22