ANALISIS TINGKAT PEMANFAATAN FASILITAS PELABUHAN PERIKANAN DAN PERMASALAHANNYA DI PELABUHAN PERIKANAN PANTAI CAROCOK TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

Authors

  • Salman . Simatupang
  • Yuspardianto . .
  • Jhon . Nurifdinsyah

Abstract

ABSTRAK

Keberhasilan pembangunan dan pengelolaan pelabuhan perikanan serta optimalisasi dalam operasionalnya merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan dari pembangunan perikanan tangkap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemanfaatan fasilitas Pelabuhan Perikanan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Carocok Tarusan dan menganalisis pengembangan Pelabuhan Perikanan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode survey yaitu pengambilan data dengan pengamatan langsung pada fasilitas  dan aktivitas di PPP Carocok Tarusan, serta dengan instansi yang berkaitan dengan tujuan penelitian. Berdasarkan analisis SWOT, strategi yang harus dilakukan adalah strategi yang memanfaatkan dan menggunakan peluang yang ada (strategi SO), strategi yang diperioritaskan adalah meningkatkan pelatihan dan pengembangan bagi SDM kepegawaian dan meningkatkan peran TPI dalam proses pemasaran ikan. Dilihat dari tingkat pemanfaatan dan kebijakan yang akan dilakukan adalah pelelangan ikan diperkuat di bawah pengelolaan Dinas Kabupaten, menjadikan pelabuhan perikanan sekaligus tujuan wisata, meningkatkan pelayanan jasa pelabuhan yang lebih profesional, dan menjadikan Pelabuhan Perikanan Carocok Tarusan menjadi Pusat Industri Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan.

Kata Kunci : PPP Carocok Tarusan, kebijakan, analisis SWOT

ABSTRACT

The succes of developmen and management fishing port and optimalization of the fishing port is one measure of succes from fisheries development. This research aims to analyze the level of fishing port utilization in the Carocok Tarusan Fishing Port Beach and also to nalyze the development of fishing harbor in fishing port beach at the subdistrict of Koto XI Tarusan in the Pesisir Selatan Regency. This research using a survey method, survey method collect date by direct observation to fascility and activity in Carocok Tarusan Fishing Port Beach, as will as with agencies related to the research objectives. Based on SWOT analysis, the strategy that must be doing is the strategy that using opportunity (SO Strategy), prioritized strategy is imprvyng training and human resourse development for staffing and increasing role in the marketing procces of fish. Judging from the level of utilization and planned polcies are fish caution strengthened under the management of the district, fishing port at the same destination, import port services more professional, and making fishery port Carocok Tarusan into the fishing industry center of Pesisir Selatan Regency.

Key Word : PPP Carocok Tarusan, statement, SWOT analysis

Published

2016-06-16

Issue

Section

Articles