PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA

Authors

  • Yogi Firmansyah Universitas Bung Hatta
  • Yunilma Universitas Bung Hatta
  • Arie Frinola Minovia Universitas Bung Hatta

Keywords:

Profitabilitas, Leverage, Manajemen Laba

Abstract

Manajemen laba bisa terjadi saat manajemen perusahaan menggunakan keputusan tertentu dalam pelaporan keuangan dan penyusunan transaksi-transaksi yang mengubah laporan keuangan. Berdasarkan definisi diatas, manajemen laba adalah suatu tindakan atau upaya yang dilakukan manajemen untuk memanipulasi angka-angka akuntansi yang dilaporkan kepada pihak eksternal dengan tujuan untuk keuntungan dirinya sendiri dengan cara mengubah atau mengabaikan standar akuntansi yang telah ditetapkan, sehingga menyajikan informasi yang sebenarnya. Adapun tujuan lain dari tindakan manajemen laba yaitu untuk menikatkan kepercayaan pemegang saham terhadap manejer. Penelitian ini meneliti tentang Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage. Teori penelitian ini adalah teori agensi. Teori agensi merupakan hubungan keagenan sebagai kontrak kerjasama (nexus of contract) di mana satu atau lebih principal (pemimpin) menggunakan orang lain (agent) untuk menjalankan aktivitas perusahaan.

References

Amelia, W., & Hernawati, E. (2016). Pengaruh Komisaris Independen, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba. Neo-Bis, 10(1), 62-77.

Astari, N. K. R., & Suputra, I. D. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Dan Kinerja Keuangan Pada Manajemen Laba. E-Jurnal Akuntansi, 1938-1968.

Astuti, A. Y., Nuraina, E., & Wijaya, A. L. (2017). Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap manajemen laba. In FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi (Vol. 5, No. 1).

Gunawan, I. K., Darmawan, N. A. S., SE, A., & Purnamawati, I. G. A. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek.

Ramadhani, F., Latifah, S. W., & Wahyuni, E. D. (2017). Pengaruh Capital Intencity Ratio, Free Cash Flow, Kualitas Audit, Dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 15(2).

Published

2020-11-02