PENGARUH OPINI AUDITOR, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN MANAJEMEN LABA RIIL TERHADAP NILAI (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)
Keywords:
Opini Auditor, Pertumbuhan Penjualan, Manajemen LabaAbstract
Nilai perusahaan merupakan kondisi tertentu yang telah dicapai oleh suatu perusahaan sebagai gambaran dari kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan setelah melalui suatu proses kegiatan selama beberapa tahun, sejak perusahaan tersebut didirikan sampai dengan saat ini (Sukirni, 2012). Apabila harga saham turun maka nilai perusahaan serta kemakmuran pemegang saham juga menurun. Penurunan nilai perusahaan yang terjadi pada perusahaan yang dialami industri manufaktur sesuai dengan fakta bahwa pada tahun tersebut penjualan pada sektor industri dasar & kimia cenderung turun karena tertekan pelemahan rupiah terutama pada sub sektor kimia baik kimia dasar maupun petrokimia karena 90% kebutuhan bahan baku industri kimia berasal dari impor (Kontan.co.id, 14 Mei 2018). Teori pada penelitian ini menggunakan dua teori, yaitu teori sinyal (Signalling Theory) dan teori keagenan (Agency Theory). Teori sinyal menjelaskan bahwa seluruh informasi yang terkait tentang keadaan perusahaan akan diketahui oleh manajer dan disebarkan melalui berbagai media informasi kepada para pihak eksternal perusahaan. Prinsip teori ini dimana setiap tindakan yang akan dilakukan mengandung informasi yang disebabkan karena adanya asymmetric information. Penelitian ini meneliti tentang Pengaruh opini auditor, pertumbuhan penjualan, dan manajemen laba riil terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini meneliti tentang Pengaruh opini auditor, pertumbuhan penjualan, dan manajemen laba riil terhadap nilai perusahaan.References
Dewi, I. A. P. T. dan I. K. S. (2019). Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, dan Risiko Bisnis terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana,26 (ISSN: 2302-8556),85–110.
Diantari, K. I. dan I. K. S. (2019). Pengaruh Opini Auditor dan Pertumbuhan Penjualan Perusahaan pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.26.2.Februari (2019), 26 (ISSN: 2302-8556), 1103–
Emanuel, R. dan R. R. (2019). Pengaruh Firm Size, Profitability, Sales Growth dan Leverage Terhadap Firm Value Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Pada Tahun 2015-2017. Jurnal Multiparadigma Akuntansi, Volume I No. 2/2019 Hal: 468-476, I(2), 468–476.
Fitriana, Dewi, Rita Andini, A. O. (2016). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, Aktivitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Return Saham Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar pada BEI Periode 2007-2013. Journal Of Accounting, Volume 2 No.2 Maret 2016,
(2).
Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976.). Theory of the Firm : Managerial Behavior , Agency Costs and Ownership Structure Theory of the Firm : Managerial Behavior , Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, October, 1976, V. 3, No. 4, Pp. 305-360.
kontan.co.id. (2018). Industri Kimia Turun karena Tertekan Pelemahan Rupiah. (Website)
Sanulika, A. (2018). Pengaruh Opini Auditor, Peringkat KAP, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Auditor Switching sebagai Variabel Mediasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Bussines, 1(4), 1–10.
Sukirni, D. (2012). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Deviden dan Kebijakan Hutang Analisis Terhadap Nilai Perusahaan. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang 50229 Indonesia, 1(2).
Vajriyanti, E., & Widanaputra, A. A. G. P. (2016). Pengaruh Manajemen Laba Riil pada Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi. Universitas Udayana Abstrak, 1–22.