PERANAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI HUBUNGAN ANTARA KINERJA LINGKUNGAN DAN NILAI PERUSAHAAN
Keywords:
Corporate Social Responsibility, Kinerja Lingkungan, Nilai PerusahaanAbstract
Kondisi perekonomian di Indonesia saat ini mengalami perkembangan bisnis yang sangat pesat. Saat perusahaan semakin berkembang semakin banyak pula perusahaan yang mengabaikan lingkungan sosial, disebabkan oleh aktivitas perusahaan yang tidak terkendali terhadap sumber daya untuk meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan suatu yang penting bagi investor terhadap perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham[1]. Fenomena rendahnya nilai perusahaan dapat dilihat dari nilai Tobin’s Q perusahaan. Penurunan nilai Tobin’s Q terjadi pada 11 perusahaan sektor industri dasar & kimia dari tahun 2014-2018, penurunan tersebut dapat disebabkan karena kapitalisasi pasar sektor industri dasar & kimia menurun diikuti dengan harga saham yang menurun serta proporsi kewajiban meningkat. Legitimasi didefinisikan sebagai sistem pengelolaan perusahaan yang berorientasi pada keberpihakan terhadap masyarakat (society), pemerintah individu dan kelompok masyarakat. Hal ini berarti bahwa keberadaan organisasi akan dapat berlanjut jika sistem nilai yang digunakan untuk menjalankan kegiatan operasinya sesuai dengan sistem nilai yang dimiliki masyarakat. Ketika ada perbedaan nilai-nilai yang dianut perusahaan dengan nilai-nilai masyarakat, maka akan memunculkan ancaman bagi keberlanjutan (going concern) perusahaan tersebut.References
U. Lisyanti, “Pengaruh Kinerja Keuangan, Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015,†no. 2011, pp. 1–15, 2017.
I. P. A. Saputra and L. P. Mahyuni, “Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan,†J. Manaj. dan Bisnis, vol. 15, no. 3, pp. 64–81, 2018.
P. Handayati, “Analisis Kinerja Lingkungan Dan Mekanisme Gcg Terhadap Pengungkapan Pertanggungjawaban Sosial,†J. Akunt. Aktual, vol. 4, no. 1, pp. 58–68, 2017.
C. dan Juniarti, “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Property and Real Estate,†Bus. Account. Rev., vol. 4, No. 1, no. 2013, pp. 24–36, 2016.