PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN, PRODUCT KNOWLEDGE DAN CITRA MERK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP HP DI KOTA PADANG
Keywords:
COUNTRY OF ORIGIN, PRODUCT KNOWLEDGE , CITRA MERK ,KEPUTUSAN PEMBELIANAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh country of origin, pengetahuan produk, dan citra merek secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen.Populasi dalam penenlitian ini adalah konsumen yang menggunakan laptop HP di Kota Padang dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. purposive sampling yaitu sampel dipilih dengan pertimbangan tertentu (Sugiyono. 2010)[7]. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan daftar pernyataan dalam bentuk kuesioner (angket). Metode analisi data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat dikemukakan beberapa kesimpulan penelitian sebagai berikut : Country of origin dan Product knowledge tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian laptop Hp di Kota Padang, Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian laptop HP di Kota Padang. Disarankan kepada pihak pemasaran Laptop HP di Indonesia lebih memperhatikan citra merek laptop HP. Semakin baiknya citra merek laptop HP di mata masyarkat maka akan meningkatkan penjualan laptop HP. Hal ini didasarkan atas hasil penelitian, menemukan cita merek berpengaruh signfikan terhadap keputusan pembelian.References
P. Kotler And G. Armstrong, Prinsip-prinsip
Pemasaran. Edisi12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
P. Kotler, K. L. Keller And Kevin Lane,
Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi13. Jakarta:
Erlangga.2009.
A. Satria And U. Putra, “Pengaruh Country Of
Origin Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian
(Survei Terhadap Konsumen Xiaomi Di Indonesia
, Malaysia , Singapura Dan Filipina ),†J. Adm.
Bisnis, Vol. 40, No. 2, Pp. 192–200, 2016.
Santoso, M Budhy dan Madiawati, Putu Nina.
Pengaruh Product Knowledge Terhadap
Keputusan Pembelian Processor Intel di Kota
Bandung Tahun 2018 Pada Konsumen PC &
Laptop. e-Proceeding of Management. Vol.5,
No.3, 2018.
F. Rangkuti, “Measuring Customer Satisfaction:
Teknik Mengukur Dan Strategi Meningkatkan
Kepuasan Pelanggan Plus Analisis Kasus {Pln}{Jp},â€
Jakarta:
Gramedia
Pustaka
Utama,
P. Tamimi, H. Nugraha, And W. Widiartanto,
“Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk
Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek
Dell Di Kota Semarang (Studi Kasus Pada
Konsumen Laptop Merek Dell Di Kecamatan
Banyumanik Kota Semarang),†J. Ilmu Adm.
Bisnis S1 Undip, Vol. 4, No. 2, Pp. 361–370, 2015.
M. P. K. Sugiyono, “Kualitataif Dan R&D,
Bandung: Alfabeta, 2010,†Sugiyono, Metod.
Penelit. Kuantitatif Kualitatif Dan R&D Bandung
Alf., 2007.
P. Tati, “Pengaruh Country Of Origin Dan Global
Brand Image Terhadap Minat Beli Dan Keputusan
Pembelian (Survei Pada Konsumen Yang
Membeli Smartphone Samsung Galaxy Di Asia
Tenggara),†J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya,
Vol. 25, No. 1, P. 86117, 2015.
E. Suwarti And B. E. Rokhmah, “Analisis FaktorFaktor
Yang Mempengaruhi Keputusan
Pembelian Sepatu Adidas Imitasi Di Wilayah
Jatiyoso,†J. Ris. Manaj. Akutansi, Vol. 9, Pp. 14–
, 2018.
.[10] F. Kurniawan, Zainul Arifin dan Dahlan Fanani.
Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan
Pembelian (Survei kepada para siswa SMAN 15
Surabaya kelas XII yang menggunakan Laptop ber
Merek ASUS). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
Vol. 56 No. 1.2018 COUNTRY OF ORIGIN, PRODUCT KNOWLEDGE , CITRA MERK
,KEPUTUSAN PEMBELIAN