PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN, PRODUCT KNOWLEDGE DAN CITRA MERK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP HP DI KOTA PADANG

Authors

  • Reza Mahendra
  • Zeshasina Rosha
  • Dahliana Kamener

Keywords:

COUNTRY OF ORIGIN, PRODUCT KNOWLEDGE , CITRA MERK ,KEPUTUSAN PEMBELIAN

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh country of origin, pengetahuan produk, dan citra merek secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen.Populasi dalam penenlitian ini adalah konsumen yang menggunakan laptop HP di Kota Padang dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. purposive sampling yaitu sampel dipilih dengan pertimbangan tertentu (Sugiyono. 2010)[7]. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan daftar pernyataan dalam bentuk kuesioner (angket). Metode analisi data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat dikemukakan beberapa kesimpulan penelitian sebagai berikut : Country of origin dan Product knowledge tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian laptop Hp di Kota Padang, Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian laptop HP di Kota Padang. Disarankan kepada pihak pemasaran Laptop HP di Indonesia lebih memperhatikan citra merek laptop HP. Semakin baiknya citra merek laptop HP di mata masyarkat maka akan meningkatkan penjualan laptop HP. Hal ini didasarkan atas hasil penelitian, menemukan cita merek berpengaruh signfikan terhadap keputusan pembelian.

References

P. Kotler And G. Armstrong, Prinsip-prinsip

Pemasaran. Edisi12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

P. Kotler, K. L. Keller And Kevin Lane,

Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi13. Jakarta:

Erlangga.2009.

A. Satria And U. Putra, “Pengaruh Country Of

Origin Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian

(Survei Terhadap Konsumen Xiaomi Di Indonesia

, Malaysia , Singapura Dan Filipina ),†J. Adm.

Bisnis, Vol. 40, No. 2, Pp. 192–200, 2016.

Santoso, M Budhy dan Madiawati, Putu Nina.

Pengaruh Product Knowledge Terhadap

Keputusan Pembelian Processor Intel di Kota

Bandung Tahun 2018 Pada Konsumen PC &

Laptop. e-Proceeding of Management. Vol.5,

No.3, 2018.

F. Rangkuti, “Measuring Customer Satisfaction:

Teknik Mengukur Dan Strategi Meningkatkan

Kepuasan Pelanggan Plus Analisis Kasus {Pln}{Jp},â€

Jakarta:

Gramedia

Pustaka

Utama,

P. Tamimi, H. Nugraha, And W. Widiartanto,

“Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk

Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek

Dell Di Kota Semarang (Studi Kasus Pada

Konsumen Laptop Merek Dell Di Kecamatan

Banyumanik Kota Semarang),†J. Ilmu Adm.

Bisnis S1 Undip, Vol. 4, No. 2, Pp. 361–370, 2015.

M. P. K. Sugiyono, “Kualitataif Dan R&D,

Bandung: Alfabeta, 2010,†Sugiyono, Metod.

Penelit. Kuantitatif Kualitatif Dan R&D Bandung

Alf., 2007.

P. Tati, “Pengaruh Country Of Origin Dan Global

Brand Image Terhadap Minat Beli Dan Keputusan

Pembelian (Survei Pada Konsumen Yang

Membeli Smartphone Samsung Galaxy Di Asia

Tenggara),†J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya,

Vol. 25, No. 1, P. 86117, 2015.

E. Suwarti And B. E. Rokhmah, “Analisis FaktorFaktor

Yang Mempengaruhi Keputusan

Pembelian Sepatu Adidas Imitasi Di Wilayah

Jatiyoso,†J. Ris. Manaj. Akutansi, Vol. 9, Pp. 14–

, 2018.

.[10] F. Kurniawan, Zainul Arifin dan Dahlan Fanani.

Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan

Pembelian (Survei kepada para siswa SMAN 15

Surabaya kelas XII yang menggunakan Laptop ber

Merek ASUS). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Vol. 56 No. 1.2018 COUNTRY OF ORIGIN, PRODUCT KNOWLEDGE , CITRA MERK

,KEPUTUSAN PEMBELIAN

Published

2020-11-02